Efektivitas metode Reading Guide dalam pembelajaran PAI di SMK PGRI 2 Kediri

Hanafi, Muhammad Rifan (2024) Efektivitas metode Reading Guide dalam pembelajaran PAI di SMK PGRI 2 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti.

[img] Text
COVER - DLL.pdf

Download (328kB)
[img] Text
ABSTRAK - DAFTAR ISI.pdf

Download (151kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (227kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (143kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (217kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (132kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (159kB)
[img] Text
LAMPIRAN - DLL.pdf

Download (1MB)

Abstract

Belajar adalah key term (istilah kunci) yang paling vital dalam setiap usaha pendidikan, sehingga tanpa belajar sesungguhnya tak pernah ada pendidikan. Di samping itu, pendidikan di Indonesia sering disebut memiliki mutu yang masih rendah. Keadaan ini mengundang para cendekiawan mulai mengadakan kegiatan penelitian dan terus berusaha menemukan metode pembelajaran terbaru dalam upaya peningkatan mutu pendidikan. Adapun fokus dalam penelitian ini adalah bagaimana efektivitas metode Reading Guide dalam pembelajaran PAI di SMK PGRI 2 Kediri. Sehingga secara umum, tujuan penelitian ini adalah untuk dapat mengetahui tingkat efektivitas metode Reading Guide dalam pembelajaran PAI di SMK PGRI 2 Kediri dengan melihat hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan bentuk penelitian eksperimen Posttest-Only Control Design yang dilakukan pada kelas X BD 3 sebagai kelas eksperimen serta kelas X BD 2 sebagai kelas kontrol. Dalam penelitian ini, terdapat hipotesis nol (H0) yaitu: tidak efektifnya metode pembelajaran Reading Guide dalam pembelajaran PAI; dan hipotesis alterlatif (Ha) yaitu: efektifnya metode pembelajaran Reading Guide dalam pembelajaran PAI. Setelah menerapkan pembelajaran dengan metode Reading Guide pada kelas eksperimen, kedua kelas pun selanjutnya diberikan tes yang sama. Dari hasil penelitian berdasarkan uji statistik deskriptif dari input data nilai yang diperoleh (25 data dari kelas X BD 3; 20 data dari kelas X BD 2), dapat diketahui bahwa rata-rata nilai dari kelas eksperimen lebih tinggi dari rata nilai kelas kontrol (mean = 92,60 > 82,75). Adapun berdasarkan analisis statistik inferensial, diketahui bahwa nilai-t berbeda secara signifikan (Sig. = 0,00 > 0,05), yang berarti hasil belajar kedua kelompok berbeda secara signifikan. Sehingga berdasarkan hasil analisis data tersebut, hipotesis yang diterima adalah hipotesis alternatif (Ha), yakni efektifnya metode pembelajaran Reading Guide dalam pembelajaran PAI. Maka dengan ini, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran Reading Guide dalam pembelajaran PAI terbilang efektif. Hal ini dapat dilihat dari adanya perbedaan yang signifikan dari hasil belajar kedua kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Muhammad Rifan Hanafi
Date Deposited: 14 May 2025 03:39
Last Modified: 14 May 2025 03:39
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2199

Actions (login required)

View Item View Item