Strategi guru dalam mengatasi kejenuhan belajar Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) kelas VIII MTs Al-Mahrusiyah Lirboyo

Hidayah, Nur (2023) Strategi guru dalam mengatasi kejenuhan belajar Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) kelas VIII MTs Al-Mahrusiyah Lirboyo. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.

[img] Text
COVER.pdf

Download (193kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (76kB)
[img] Text
pengesahan skripsi.pdf

Download (208kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (203kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (566kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (468kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (460kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (204kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (426kB)

Abstract

Penelitiam ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Al-Mahrusiyah Lirboyo kecamatan Mojoroto kota Kediri. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data non-statistik. Artinya, peneliti tidak menggunakan angka dalam menganalisis data akan tetapi peneliti menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Fokus penelitian ini adalah (1) Apa faktor yang menyebabkan ketidakefektifan pembelajaran pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di kelas VIII MTS Al-Mahrusiyah Lirboyo? (2) Bagaimana strategi guru dalam mengatasi ketidakefektifan belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di kelas VIII MTS Al-Mahrusiyah Lirboyo?. Dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa, faktor yang menyebabkan ketidakefektifan pembelajaran pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di kelas VIII MTS Al-Mahrusiyah Lirboyo yang mengakibatkan kejenuhan belajar siswa yaitu faktor yang berasal dari guru dan faktor yang berasal dari siswa. faktor yang berasal dari siswa yakni kurangnya kurangnya kemauan siswa untuk belajar sehingga suasana belajar menjadi tidak menyenangkan/membosankan. Sedangkan faktor yang berasal dari guru yaitu metode/strategi pembelajaran yang kurang bervariasi sehingga suasana kegiatan belajar menjadi montoton dan menimbulkan rasa jenuh pada siswa. Strategi pembelajaran guru dalam mengatasi ketidakefektifan belajar Sejarah Kebudayaan Islam di kelas VIII MTs Al-Mahrusiyah Lirboyo berupa kejenuhan belajar yakni strategi pembelajaran ekspositori dan strategi pembelajaran kooperatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: NUR HIDAYAH
Date Deposited: 08 Jun 2023 01:53
Last Modified: 08 Jun 2023 01:53
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/874

Actions (login required)

View Item View Item