Analisis Fungsi Fasilitator Guru Kelas 5 Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Sabilul Huda Asy’Ari Pranggang Plosoklaten Kediri

Nurkholifah, Nurkholifah (2024) Analisis Fungsi Fasilitator Guru Kelas 5 Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Sabilul Huda Asy’Ari Pranggang Plosoklaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (64kB)
[img] Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (101kB)
[img] Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (164kB)
[img] Text
7. BAB I.pdf

Download (282kB)
[img] Text
8. BAB II.pdf

Download (210kB)
[img] Text
9. BAB III.pdf

Download (214kB)
[img] Text
10. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB)
[img] Text
11. BAB V.pdf

Download (132kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (213kB)

Abstract

Guru adalah seorang pendidik yang sangat penting dalam dalam pendidikan formal dan menjadi panutan untuk peserta didiknya, dalam pembelajaran guru juga harus mampu untuk memberikan pemahaman salah satu komponen yang sangat penting dalam proses belajar mengajar Guru memiliki tugas untuk membantu siswa belajar. guru sebagai fasilitator adalah guru yang memberikan kemudahan dalam proses belajar, melayani siswa sesuai dengan minat dan bakatnya, memotivasi, mengevaluasi. Fokus peneliti sebagai berikut : (1) Bagaimana Pemahaman guru kelas 5 tentang fungsi sebagai fasilitator pada pembelajaran tematik di SDIT Sabilul Huda Asy’Ari Pranggang Plosoklaten ? (2) Bagaiman Implementasi Fungsi Guru kelas 5 dalam pembelajaran tematik disekolah SDIT Sabilul Huda Asy’Ari Pranggang Plsosklaten? Dengan bertujuan untuk mengetahui pemahaman guru kelas 5 tentang fungsi fasilitator pada pembelajaran tematik dan bertujuan untuk mengetahui cara guru kelas 5 dalam mengimplementasikan fungsi guru kelas 5 pada pembeljaran tematik di SDIT sabilul Huda Asy;Ari pranggang plosoklaten. Penelitian ini merupan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi Hasil penelitian ini menemukan bahwa hasil dari pemhaman guru kelas tentang fungsi guru sebagai fasilitator adalah kurangnya guru dalam mengganti metode pemebelajaran, kurangnya sarana dan prasarana yang kurang memadai. Sehingga menjadikan peserta didik bosan dan membuat penurunan dalam hal prestasinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Keguruan > Pendidikan Guru MI (PGMI)
Depositing User: S.Sos MUHAMMAD ARVIN FARIZA
Date Deposited: 19 Aug 2025 03:45
Last Modified: 19 Aug 2025 03:45
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2797

Actions (login required)

View Item View Item