DEWI ASYIFA AZZAHRAH, ASYIFA AZZAHRAH (2024) PERAN GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTERISTIK SISWA PEDULI LINGKUNGAN DI MI HIDAYATUS SHOLIHIN. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri.
![]() |
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (18kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK SKRIPSI.pdf Download (6kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI SKRIPSI.pdf Download (90kB) |
![]() |
Text
BAB II SKRIPSI.pdf Download (194kB) |
![]() |
Text
BAB I SKRIPSI.pdf Download (181kB) |
![]() |
Text
BAB III SKRIPSI.pdf Download (179kB) |
![]() |
Text
BAB 4 SKRIPSI.pdf Restricted to Registered users only Download (241kB) |
![]() |
Text
BAB 5 SKRIPSI.pdf Download (86kB) |
![]() |
Text
DA PUS SKRIPSI.pdf Download (227kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN SKRIPSI.pdf Download (263kB) |
Abstract
Pendidikan karakter peduli lingkungan merupakan bagian penting dalam membentuk sikap dan perilaku siswa yang bertanggung jawab terhadap kelestarian lingkungan. Pengintegrasian nilai-nilai peduli lingkungan dapat dilakukan melalui berbagai kegiatan, baik di dalam kelas, di luar kelas, maupun di luar sekolah. Dalam proses ini, peran guru dan kepemimpinan yang berorientasi pada pendidikan lingkungan menjadi kunci utama agar karakter peduli lingkungan dapat tertanam kuat dalam diri siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab dua rumusan masalah: (1) Bagaimana peran guru dalam membentuk karakter disiplin siswa yang peduli lingkungan di MI Hidayatus Sholihin Turus Gurah Kediri? dan (2) Bagaimana karakter disiplin siswa serta apa saja faktor penghambat dan solusi dalam pembentukan karakter tersebut? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara dan observasi mendalam, sesuai dengan fokus permasalahan yang telah ditentukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru di MI Hidayatus Sholihin telah menjalankan perannya dengan baik dalam membentuk karakter disiplin siswa, sesuai dengan teori peran guru sebagai pendidik, pengajar, pembimbing, teladan, penasehat, dan motivator. Karakter disiplin siswa secara umum berada dalam kategori baik, meskipun masih terdapat sebagian siswa yang menunjukkan karakter kurang disiplin. Faktor penghambat berasal dari internal siswa, yaitu kurangnya kesadaran diri, serta faktor eksternal berupa minimnya perhatian dari orang tua. Sebagai solusi, guru menerapkan pembinaan karakter melalui keteladanan, pembiasaan, pemberian nasihat, dan pemberian sanksi yang mendidik.Dengan demikian, pendidikan karakter peduli lingkungan dapat terlaksana secara efektif apabila didukung oleh peran guru yang optimal serta sinergi antara sekolah dan orang tua dalam pembentukan kedisiplinan siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 500 – Ilmu Pengetahuan > 500 Ilmu pengetahuan > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Mahasiswa 2023 uit |
Date Deposited: | 02 Jun 2025 02:39 |
Last Modified: | 02 Jun 2025 02:39 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2600 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |