Strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam menerapkan nilai pendidikan karakter disiplin siswa SMK PGRI 2 Kota Kediri

Cahya Kharisma, Sabilla (2024) Strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam menerapkan nilai pendidikan karakter disiplin siswa SMK PGRI 2 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti (UIT) Lirboyo.

[img] Text
Cover dkk (Sampul-Abstrak) Skripsi Sabila.pdf

Download (623kB)
[img] Text
BAB I Skripsi Sabila.pdf

Download (298kB)
[img] Text
BAB II Skripsi Sabila.pdf

Download (330kB)
[img] Text
BAB III Skripsi Sabila.pdf

Download (118kB)
[img] Text
BAB IV Skripsi Sabila.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[img] Text
BAB V Skripsi Sabila.pdf

Download (97kB)
[img] Text
Daftar Pustaka Skripsi Sabila.pdf

Download (164kB)

Abstract

Disiplin berarti memperlihatkan tingkah laku yang tertib, patuh, dan mematuhi tata tertib yang ada. Selain itu dengan pembentukan karakter pada diri anak juga merupakan salah satu tujuan dari pendidikan. Dengan adanya kedisiplinan ilmu mungkin berhasil kegiatan belajar mengajar serta menyampaikan karakter disiplin kepada siswa yang sedang berkembang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk : (1) mendeskripsikan strategi guru dalam menerapkan nilai pendidikan karakter disiplin pada siswa SMK PGRI 2 Kota Kediri, (2) mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat strategi guru pendidikan agama islam dalam menerapkan nilai pendidikan karakter disiplin siswa SMK PGRI 2 Kota Kediri, (3) Hasil setelah diterapkannya kedisiplinan pada siswa SMK PGRI 2 Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis peneitian deskriptif kualitatif. Objek yang diteliti adalah penerapan karakter disiplin pada siswa SMK PGRI 2 Kota Kediri. Teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi yang disnalisis dengan langkah yaitu data, display atau penyajian data menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa (1) strategi guru dalam menerapkan karakter disiplin siswa SMK PGRI 2 Kota Kediri baik ketika pembelajaran maupun di luar kelas adalah keteladanan, pembiasaan modeling, dan pemberian sanksi. (2) Hasil setelah diterapkannya nilai pendidikan karakter disiplin siswa di SMK PGRI 2 Kota Kediri, yaitu Membangun Kedisiplinan, Penerapan nilai pendidikan karakter disiplin membantu siswa untuk membangun pola pikir dan perilaku yang teratur dan terdisiplin dalam kegiatan sehari-hari, baik di sekolah maupun di luar sekolah. (3) faktor pendukung dalam menerapkan karakter disiplin siswa SMK PGRI 2 Kediri adalah adanya kontrol dari kepala sekolah, waka kurikulum, adanya peran aktif dari guru, adanya peran aktif dari orang tua siswa, kesadaran dari para siswa, dengan adanya kekompakan dari masyarakat sekitar. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu pengaruh lingkungan keluarga yang kurang bisa memperhatikan anaknya dan kurangnya kesadaran pada siswa mengenai pentingnya disiplin.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mahasiswa 2023 uit
Date Deposited: 21 May 2025 07:56
Last Modified: 21 May 2025 07:56
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2367

Actions (login required)

View Item View Item