PENGGUNAAN MEDIA LOOSE PART DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI ANAK USIA DINI DI RA KM BULUREJO KEPUNG

Indayani, Masruroh (2024) PENGGUNAAN MEDIA LOOSE PART DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI ANAK USIA DINI DI RA KM BULUREJO KEPUNG. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti.

[img] Text
COVER.pdf

Download (199kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (203kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (174kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (236kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (133kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (669kB)

Abstract

Penggunaan media dalam pembelajaran merupakan salah satu cara atau usaha yang dipersiapkan dan dilaksanakan oleh guru guna untuk menghasilkan pembelajaraan yang maksimal. Salah satunya menggunakan media loose part. Penggunaan media Loose Parts ini menjadi sumber belajar yang diperlukan anak untuk bermain dan dapat menciptakan lingkungan yang lebih kreatif bagi anak untuk bermain pada materi geometri. Penelitian ini bertujuan mendeskripsiskan bagaimana penggunaan Media Loose Part dalam meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak usia dini di RA KM Bulurejo Kepung. Penelitian ini memiliki rumusan masalah yaitu antara lain: 1) Bagaimana kemampuaan mengenal bentuk-bentuk geometri pada anak usia dini melalui media loose part di RA KM Bulurejo kec. Kepung. 2) Bagaimana penggunaan media Loose part dalam meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak usia dini di RA KM Bulurejo Kec. Kepung. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan wawancara, observasi serta dokumentasi. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan teknik kondensasi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Penelitian ini juga dicek keabsahan data dengan perpanjang keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam meningkatkan kemampuan geometri anak usia dini di RA KM Bulurejo kepung, dalam kenyataan pada umumnya saat melaksakan observasi 60% masih kegiatan pembelajarannya menggunakan LKS atau buku panduan untuk meningkatkan kemampuan mengenal bentuk-bentuk geometri, kegiatan pembelajaran ini berlangsung hampir setiap hari mungkin pada hari-hari tertentu untuk menggunakan media loose part seperti puncak tema. Dengan adanya pembelajaran media loose part ini dapat mempermudah anak anak memahami materi yang di sampaikan oleh guru, sehingga semangat belajarnya anak anak semakin bertambah, dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini melalui media loose part di RA KM Bululurejo Kec. Kepung

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Mahasiswa 2023 uit
Date Deposited: 19 Aug 2025 02:39
Last Modified: 19 Aug 2025 02:39
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2343

Actions (login required)

View Item View Item