Sulistyorini, Fitria Andri (2024) Pengaruh permainan ular tangga terhadap kemampuan membaca permulaan pada anak usia dini di RA Harapan Mojokendil. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (376kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (118kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (278kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (202kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (227kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (180kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membahas tentang kemampuan membaca permulaan pada anak usia dini di RA Harapan Mojokendil, pengaruh permainan ular tangga terhadap kemampuan membaca permulaan pada anak usia dini di RA Harapan Mojokendil. Kemampuan membaca permulaan adalah ketrampilan dasar yang harus dimiliki anak usia dini sebagai fondasi penting untuk perkembangan literasi mereka dimasa mendatang. Ketrampilan ini mencakup pengenalan huruf, pengucapan kata dan pemahaman sederhana terhadap teks atau kalimat. Namun, banyaknanak usia dini menghadapi tantangan dalam pengembangan kemampuan ini. Alasan adanya penelitianini adalah untuk mengeksplorasi metode pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan menggunakan metode eksperimen dengan teknik sampling jenuh dan melibatkan 28 anak usia 4-5 tahun yang dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Data dikumpilkan melalui tes, observasi serta angket, dan dianalisis menggunakan statistik deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas dan uji independen sampel T-test dengan bantuan program IMB SPSS for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa permainan ular tangga secara signifikan meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak usia dini di RA Harapan Mojokendil. Berdasarkan analisis diskriptif menunjukkan rata-rata nilai post-test pada kelompok eksperimen lebih tinggi, yaitu sebesar 16,00 sedang pada kelompok kontrol sebesar 11,36. pada uji normalitas menunjukkan data berdistribusi normal. Dan pada uji homogenitas berdasarkan rata-rata (mean) menunjukkan nilai 0,069 dengan nilai Sig sebesar 0,795. Dikarenakan nilai Sig >0,05 dapat disimpulkan bahwa antara dua kelompok dinyatakan sama atau homogen. Sedangkan pada hasil uji t menunjukkan bahwa nilai thitung sebesar 5,994, sedangkan ttabel pada taraf signifikan 5% (ɑ= 0,05) dengan derajat kebebasan (df) sebesar 26 adalah 2,056. Karena thitung lebih besar dari ttabel (5,994>2,056), maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan permainan ular tangga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan membaca permulaan pada anak usia dini di RA Harapan Mojokendil.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) |
Depositing User: | Mahasiswa 2023 uit |
Date Deposited: | 17 Jun 2025 02:39 |
Last Modified: | 17 Jun 2025 02:39 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2310 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |