Pengaruh Penggunaan Gadget Pada Generasi Z Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Angkatan 2022 Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri

ayuni, putri (2024) Pengaruh Penggunaan Gadget Pada Generasi Z Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Angkatan 2022 Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo.

[img] Text
COVER.pdf

Download (580kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (280kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (342kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (380kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (161kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (206kB)

Abstract

Gadget merupakan salah satu media dalam proses kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini berangkat dari gadget yang diyakini dapat mengakases banyak hal Salah satunya adalah program edukasi yang diberikan gadget dalam proses pembelajaran. Penelitian ini akan membahas terkait berpengaruh atau tidaknya gadget terhadap motivasi belajar mahasiswa Angkatan tahun 2022 yang Sebagian besar berdomisili di pondok dan bukan pengguna gadget aktif, baik berupa gadget jenis handphone, laptop dan lain sebagainya. Jika dilihat dari tahun lahirnya Mahasiswa Angkatan 2022 tergolong sebagai generasi Z dan dipandang mahir dengan teknologi digital, salah satunya adalah gadget. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti mengajukan pertanyaan penelitian sebagai berikut: Bagaimana penggunaan gadget mahasiswa Pendidikan Agama Islam Angkatan 2022 Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri? Bagaimana motivasi belajar mahasiswa Pendidikan Agama Islam Angkatan 2022 Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri? Apakah ada pengaruh penggunaan gadget terhadap motivasi belajar mahasiswa Pendidikan Agama Islam Angkatan 2022 Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri? Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh penggunaan gadget pada generasi Z terhadap motivasi belajar mahasiswa Pendidikan Agama Islam Angkatan 2022 Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif statistik kuantitatif Jumlah sampel dalam penelitian sejumlah 100 mahasiswa, Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan menggunakan instrument penelitian berupa kuesioner. Berdasarkan hasil uji hipotesis dapat disimpulkan terdapat gadet berpengaruh terhadap motivasi belajar dengan nilai signifikasi sebesar 0.000 < 0.05 dan nilai t hitung 25.907 > nilai t tabel 0.595 dan hasil R square sebesar 0.871 atau 8.73%. Maka menunjukkan bahwa besarnya kontribusi variabel bebas terhadap variabel terikat hanya sebesar 8.73%, sedangkan sisanya 91.27% disebabkan oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini dan sejalan dengan penelitian terdahulu dan sesuai dengan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti terhadap mahasiswa Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Lulusan 2024-UIT
Date Deposited: 14 May 2025 03:49
Last Modified: 14 May 2025 03:49
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2242

Actions (login required)

View Item View Item