Pengaruh tingkat kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MA Al-Mahrusiyah

Syirva, Atika Nailah (2024) Pengaruh tingkat kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MA Al-Mahrusiyah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti.

[img] Text
SYIRVA COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SYIRVA BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SYIRVA BAB 2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SYIRVA BAB 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SYIRVA BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
SYIRVA BAB 5.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SYIRVA DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SYIRVA LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MA Al- Mahrusiyah. Kompetensi pedagogik merupakan aspek penting dalam kemampuan seorang guru untuk mengajar dan memfasilitasi pembelajaran yang efektif. Fiqih, sebagai salah satu mata pelajaran yang berfokus pada ajaran dan hukum islam, membutuhkan pendekatan yang tepat agar siswa dapat memahami konsep-konsep yang diajarkan dengan baik. Dari uraian diatas, maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut: 1) Bagaimana tingkat kompetensi pedagogik guru pada mata pelajaran Fiqih di MA Al-Mahrusiyah? 2) Bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MA Al-Mahrusiyah? 3) Bagaimana pengaruh kompetensi pedagogik guru Fiqih terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MA Al-Mahrusiyah? Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan sampel 30 responden dan pelaksanaan penelitian di Sekolah MA Al-Mahrusiyah Lirboyo Kediri, pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner dan nilai tes. Sedangkan Teknik analisis data menggunakan bantuan program IBM SPSS Statistics 26. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Kompetensi pedagogik guru Fiqih di MA Al- Mahrusiyah tergolong tinggi dengan kategori 43,3% dengan jumlah responden 13 orang, tergolong sedang pada kategori 56,6% dengan jumlah responden 17 orang, dan tergolong rendah dengan kategori 0% dengan jumlah responden 0 orang. Hal ini bisa diartikan bahwa persentase kompetensi pedagogik guru Fiqih di MA Al- Mahrusiyah tergolong baik. 2) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MA Al-Mahrusiyah tergolong tinggi dengan kategori 6,6% dengan jumlah 2 siswi, tergolong sedang pada kategori 66,6% dengan jumlah 20 siswi, dan tergolong rendah dengan kategori 26,6% dengan jumlah 8 siswi. Hal ini bisa diartikan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MA Al-Mahrusiyah tergolong kurang baik dikarenakan masih ada beberapa siswi yang masih dibawah KKM, dengan nilai KKM 75. 3) Kompetensi pedagogik guru berpengaruh sebesar 33,6% terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MA Al-Mahrusiyah. Hal ini dibuktikan dengan nilai R Square sebesar 0,336, dan juga nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05, yang menunjukkan bahwa hipotesis dari penelitian ini adalah H1 diterima dan H0 ditolak, dengan pernyataan ada pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MA Al- Mahrusiyah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Lulusan 2024-UIT
Date Deposited: 14 May 2025 03:32
Last Modified: 14 May 2025 03:32
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2210

Actions (login required)

View Item View Item