Umah, Azizah Choirul (2023) Penerapan Media Pop Up Book guna Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas IV MI Roudlotut Tholibin Kayen Kidul. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti.
Text
Cover.pdf Download (323kB) |
|
Text
BAB I .pdf Download (317kB) |
|
Text
BAB II .pdf Download (330kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (444kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (383kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (155kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (235kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (840kB) |
Abstract
Proses transformasi ilmu pengetahuan kepada siswa dalam pembelajaran terdapat beberapa cara, salah satunya menggunakan media penunjang. Media penunjang yang bervariasi akan menarik perhatian siswa. Proses pembelajaran menggunakan media masih jarang dilakukan pada lingkungan madrasah sehingga menyebabkan siswa merasa jenuh dan berdampak pada hasil belajar siswa. Guru sebagai tenaga pendidik selayaknya memikirkan media yang bervariasi untuk meningkatkan minat belajar siswa. Salah satu media yang menarik untuk digunakan dalam pembelajaran adalah media pop up book. Dari uraian diatas, maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut (1) Bagaimana penerapan media pembelajaran pop up book pada mata pelajaran IPA kelas IV MI Roudlotut Tholibin Kayen Kidul? (2) Bagaimana hasil belajar siswa dengan menggunakan media pop up book pada mata pelajaran IPA kelas IV MI Roudlotut Tholibin Kayen Kidul? Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus, dengan 2 kali pertemuan pada siklus 1 dan siklus 2 serta 1 pertemuan pada siklus 3. Setiap tahap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Roudlotut Tholibin Kayen Kidul yang berjumlah 13 siswa, terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan. Data dikumpulkan dengan teknik tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal pra siklus 30,77% (4 orang) dengan nilai rata-rata kelas 61,2. Pada siklus 1 ketuntasan klasikal meningkat 46,2% (6 orang) dengan nilai rata-rata kelas 70,76. Pada siklus 2 ketuntasan klasikal meningkat 69,2% (9 orang) dengan nilai rata-rata kelas 76,5. Pada siklus 3 ketuntasan klasikal meningkat 84,6% (11 orang) dengan nilai rata-rata kelas 80,3. Dari data tersebut menunjukkan bahwa melalui penerapan media pop up book dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV MI Roudlotut Tholibin Kayen Kidul.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI (PGMI) |
Depositing User: | Azizah Choirul Umah |
Date Deposited: | 05 Aug 2024 03:43 |
Last Modified: | 05 Aug 2024 03:43 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1669 |
Actions (login required)
View Item |