Penerapan media kartu kata dalam keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas I MI Islamiyah Puncu

Hakiki, Inggita Rulli Nur (2023) Penerapan media kartu kata dalam keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas I MI Islamiyah Puncu. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.

[img] Text
1 COVER.docx

Download (82kB)
[img] Text
3 PERSETUJUAN PEMBIMBING.docx

Download (91kB)
[img] Text
4 PENGESAHAN PENGUJI.docx

Download (146kB)
[img] Text
6 ABSTRAK.docx

Download (434kB)
[img] Text
8 BAB 1.docx

Download (464kB)
[img] Text
9 BAB 2.docx

Download (447kB)
[img] Text
10 BAB 3.docx

Download (476kB)
[img] Text
11 BAB 4.docx
Restricted to Registered users only

Download (93kB)
[img] Text
12 BAB 5.docx

Download (435kB)
[img] Text
13 DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (433kB)

Abstract

Keterampilan membaca merupakan modal dasar yang sangat krusial untuk menunjang keberhasilan belajar siswa karena pada setiap muatan pembelajaran tidak terlepas dari keterampilan membaca. Tahapan proses belajar membaca bagi siswa sekolah dasar kelas awal disebut membaca permulaan. Anak pada tahap membaca permulaan memiliki potensi yang terpendam untuk menjadi pembaca yang baik jika keterampilannya dapat dimaksimalkan. Berdasarkan hasil observasi peneliti, keterampilan membaca siswa kelas I MI Islamiyah masih harus ditingkatkan. Untuk itu, peneliti ingin menciptakan kegiatan belajar membaca yang lebih menarik dengan diterapkannya media kartu kata agar siswa lebih bersemangat dalam mengasah keterampilan membacanya. Fokus pembahasan dalam penelitian ini meliputi : 1) bagaimana penerapan media kartu kata dalam keterampilan membaca permulaan pada pada siswa kelas I MI Islamiyah Puncu? dan 2) bagaimana hasil dari penerapan media kartu kata dalam keterampilan membaca permulaan pada pada siswa kelas I MI Islamiyah Puncu? Penelitian tentang penerapan media kartu kata dalam keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas I MI Islamiyah ini bertujuan untuk menjelaskan penerapan media kartu kata dalam keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas I MI Islamiyah Puncu dan menjelaskan hasil dari penerapan media kartu kata dalam keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas I MI Islamiyah Puncu. Dalam penelitian ini digunakan jenis penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif (qualitative research) adalah suatu penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktivitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, pemikiran orang secara individual maupun kelompok. Sedangkan pendekatan yang dipakai berupa pendekatan deskriptif. Prosedur pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk teknis analisis data dalam penelitian ini menggunakan teori Milles dan Hubberman yaitu reduksi data, display data, dan verifikasi. Hasil penelitian yaitu : 1) Penerapan media kartu kata dalam keterampilan membaca permulaan dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. 2) Penerapan media kartu kata dalam keterampilan membaca permulaan memberikan dampak yang positif. Siswa menjadi lebih aktif dan semangat dalam kegiatan belajar membaca dikelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI (PGMI)
Depositing User: Inggita Rulli Nur Hakiki
Date Deposited: 27 Jan 2023 02:41
Last Modified: 27 Jan 2023 02:41
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/716

Actions (login required)

View Item View Item