Muttaqin, Zainal (2024) PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR FIQIH SISWA KELAS V MI ISLAMIYAH KOTA KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM TRIBAKTI LIRBOYO KEDIRI.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
Abstract
Motivasi belajar adalah keseluruhan daya penggerak psikis dari dalam diri yang menimbulkan dorongan belajar. Fiqih merupakan salah satu mata pelajaran yang bertujuan agar siswa dapat mengetahui, memahami, dan mengamalkan ketentuan hukum Islam dalam melaksanakan ibadah kepada Allah maupun ibadah sosial. Untuk mewujudkan tujuan pembelajaran fiqih, diperlukan metode yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Mind mapping adalah metode pembelajaran yang dirancang secara kreatif dan efektif dengan menyusun ide pokok dari suatu konsep menjadi peta pikiran untuk mencapai tujuan pembelajaran melalui penggabungan warna dan bentuk sehingga pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan mudah dipahami. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh metode mind mapping terhadap motivasi belajar fiqih siswa kelas V MI Islamiyah Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimen, menggunakan desain one group pre-test post-test. Sampel penelitian adalah siswa kelas V MI Islamiyah Kota Kediri yang berjumlah 29 orang. Metode pengumpulan data menggunakan angket untuk mengukur tingkat motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan inferensial, dengan uji normalitas dan homogenitas dilakukan sebelum pengujian hipotesis menggunakan paired samples t-test. Semua perhitungan dilakukan dengan bantuan program SPSS versi 29.0. Berdasarkan hasil uji normalitas dan homogenitas, data angket (pre-test dan post-test) berdistribusi normal dan homogen, sehingga dapat dilanjutkan dengan uji paired samples t-test. Hasil uji hipotesis motivasi belajar pre-test dan post-test menunjukkan nilai Sig. (two-tailed) sebesar 0,001. Berdasarkan kriteria pengambilan keputusan, jika nilai signifikansi < 0,05 maka variabel X (metode mind mapping) berpengaruh terhadap variabel Y (motivasi belajar). Dengan demikian, hasil uji-t menunjukkan bahwa 0,001 < 0,05, artinya terdapat pengaruh metode mind mapping terhadap motivasi belajar fiqih siswa kelas V MI Islamiyah Kota Kediri. Oleh karena itu, disarankan bagi guru untuk menerapkan metode mind mapping dalam pembelajaran fiqih.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Depositing User: | Mahasiswa 2023 uit |
Date Deposited: | 23 Aug 2025 04:46 |
Last Modified: | 23 Aug 2025 04:46 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2877 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |