Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PAI Di SMK PGRI 2 Kota Kediri

Ula, Riyassafatul (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PAI Di SMK PGRI 2 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo.

[img] Text
cover.pdf

Download (245kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (47kB)
[img] Text
DAFTAR ISi.pdf

Download (127kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (204kB)
[img] Text
BAB II1.pdf

Download (258kB)
[img] Text
BAB III 1.pdf

Download (268kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB)
[img] Text
BAB V1.pdf

Download (54kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (134kB)

Abstract

Model pembelajaran yang menarik akan menumbuhkan semangat serta motivasi belajar siswa yang pada akhirnya akan mampu meningkatkan kualitas pembelajaran. Sebagai ilmu yang berkaitan dengan kehidupan beragama bagi umat islam, Pendidikan agama islam seharusnya menjadi suatu mata Pelajaran yang diminati dan disenangi oleh siswa sehingga siswa senang dan memahami setiap materi yang disampaikan menimbulkan minat untuk menjalankan dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan uraian di atas, maka secara umum masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini, yaitu pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran pai di SMK PGRI 2 Kota Kediri. Terkait dengan hal tersebut maka rumusan masalah yang diangkat yaitu 1. Bagaimana penerapan model pemebelajaran tipe think pair share, 2. Bagaimana motivasi belajar siswa, 3. Bagaimana pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan kuisioner atau angket. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 105 siswa dari populasi 421 siswa kelas X. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share di SMK PGRI 2 masuk dalam kategori baik dengan persentase 70,5% atau sebanyak 74 siswa. sedangkan motivasi belajar siswa masuk dalam kategori tinggi dengan persentase 83,8% atau 88 siswa. Selanjutnya setelah dilakukan analisi data, dalam hal ini peneliti menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran tipe think pair share terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran pai. Hal ini didasarkan pada hasil analisis data yang menghasilkan nilai nilai F hitung = 95.460 dengan tingkat signifikansi sebesar 0.001 < 0,05. Maka dapat diartikan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan data tersebut dinyatakan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran tipe think pair share terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran pai di SMK PGRI 2 Kota Kediri.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mahasiswa 2023 uit
Date Deposited: 27 May 2025 03:45
Last Modified: 27 May 2025 03:45
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2734

Actions (login required)

View Item View Item