PERAN MARKETPLACE DALAM MENINGKATKAN EKONOMI PADA MASYARAKAT MUSLIM UKM DI KECAMATAN KALIWEDI KABUPATEN CIREBON

Girindra, Arif (2022) PERAN MARKETPLACE DALAM MENINGKATKAN EKONOMI PADA MASYARAKAT MUSLIM UKM DI KECAMATAN KALIWEDI KABUPATEN CIREBON. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti Kediri.

[img] Text
COVER.pdf

Download (165kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (115kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (102kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (62kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (163kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (225kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (57kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (175kB)

Abstract

Marketplace menjadi pihak yang memfasilitasi kemudahan dalam transaksi antara penjual dan pembeli, perkembangan tekonologi sekarang menjadi sangat cepat, sehingga banyak orang yang memanfaatkan untuk berjualan melalui sosial media. Marketplace berpotensi mendukung pertumbuhan dalam meningkatkan perekonomian, peran ini yaitu membantu promosi dan pemasaran. Penggunaan marketplace membawa perubahan peningkatan ekonomi, akan tetapi marketplace membawa pengaruh cukup besar terhadap kesejahteraan penjual. Dari uraian di atas, maka dapat di fokuskan penelitian sebagai berikut (1) Bagaimana perkembangan marketplace terhadap UKM di Kecamatan Kaliwedi Kabupaten Cirebon?; (2) Bagaimana peran marketplace dalam meningkatkan ekonomi pada masyarakat muslim UKM di Kecamatan Kaliwedi Kabupaten Cirebon? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Adapun pembahasannya bersifat campuran atau mixed methods dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, kuesioner dan dokumentasi sesuai kebutuhan peneliti. Analisis data dilakukan dengann analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh adalah masyarakat di Kecamatan Kaliwedi Kabupaten Cirebon selain memiliki akses yang mudah terhadap platform marketplace, mereka juga memiliki perilaku yang konsumsi dan daya beli yang cukup tinggi. Hal ini menjadi potensi yang cukup baik untuk para pelaku usaha yang bergabung dengan marketplace menunjukkan bahwa pergeseran minat masyarakat dalam platform digital menjadi konsekuensi atas kebijakan pembatasan interaksi selama pandemi. Dengan kata lain keberadaan marketplace dengan segala platform digital mampu memfasilitasi interaksi masyarakat yang terbatas. Marketplace sebagai perwujudan dari ekonomi digital dalam skala makro juga memiliki kontribusi pada PDB Indonesia. Ekonomi digital juga membuka peluang kerja baru, sehingga menciptakan kemandirian berusaha. Semakin masyarakat mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi maka dapat mewujudkan kemandirian ekonomi Indonesia terutama masyarakat di Kecamatan Kaliwedi Kabupaten Cirebon.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 330 Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah > Perbankan Syariah
Depositing User: Arif Girindra
Date Deposited: 24 Jun 2023 02:36
Last Modified: 24 Jun 2023 02:36
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1074

Actions (login required)

View Item View Item