MODEL PEMBELAJARAN INTERAKSI SOSIAL MADRASAH DINIYAH UNTUK MEMBANGUN MOTIVASI BELAJAR SISWA (STUDI KASUS MADIN HM AL-MAHRUSIYAH)

Zein Aklaqul, Ulya (2022) MODEL PEMBELAJARAN INTERAKSI SOSIAL MADRASAH DINIYAH UNTUK MEMBANGUN MOTIVASI BELAJAR SISWA (STUDI KASUS MADIN HM AL-MAHRUSIYAH). Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.

[img] Text
SAMPUL 1.pdf

Download (182kB)
[img] Text
1 SAMPUL WARNA.pdf

Download (48kB)
[img] Text
PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf

Download (135kB)
[img] Text
PERSETUJUAN TIM PENGUJI.pdf

Download (234kB)
[img] Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (196kB)
[img] Text
DAFTAR ISI jadi watermark.pdf

Download (199kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (526kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (521kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (570kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (549kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (201kB)

Abstract

Madrasah Diniyah HM Al-Mahrusiyah Putra (SD) Ngampel, Kediri merupakan salah satu lembaga pendidikan nonformal yang mengajarkan 100% ilmu-ilmu agama. Madrasah Diniyah HM Al-Mahrusiyah Putra (SD) Ngampel, Kediri memiliki model pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, yakni pembelajaran interaksi sosial. Model pembelajaran ini betujuan untuk membangun motivasi belajar siswa yang notabennya pelajar berusia 6-13 tahun. Motivasi belajar memiliki peranan yang sangat penting dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan. Oleh karena itu dibutuhkan interaksi sosial yang terjalin dikelas guna untuk melaksanakan pembelajaran dengan baik dan efisien. Dari uraian diatas, maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut (1) bagaimana model pembelajaran interaksi sosial untuk membangun motivasi belajar santri di Madrasah Diniyah Al-Mahrusiyah? (2) bagaimana imbas penerapan model interaksi sosial terhadap keaktifan siswa Madrasah Diniyah Al Mahrusiyah? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang meneliti tentang model pembelajaran interaksi sosial madrasah diniyah untuk membangun motivasi belajar siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan teknis analisis reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yaitu: (1) model pembelajaran interaksi sosial Madrasah Diniyah HM Al-Mahrusiyah III Putra (SD) yang sudah terlaksana diantaranya adalah mengadakan tanya jawab, kui setelah materi serta adanya kegiatan roisan dikelas (2) imbas pembelajaran interaksi sosial keaktifan siswa sosial Madrasah Diniyah HM Al-Mahrusiyah III Putra (SD) salah satunya adalah siswa dapat mengerti dan paham atas materi yang sudah dipaparkan oleh pengajar sehingga tumbuhnya semangat dalam belajar yang disertai dengan game.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Ulya Zeyn Akhlakul I
Date Deposited: 08 Jun 2023 02:18
Last Modified: 08 Jun 2023 02:18
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/943

Actions (login required)

View Item View Item