Abidin, Zainul (2022) Implemantasi model PBL (problem based learning) pada pelajaran aqidah-akhlak siswa kelas XII Madrasah 'Aliyah Al-Islam Boarding School Bangsongan Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.
Text
1 COVER Skripsi.pdf Download (103kB) |
|
Text
5 cover Dkk Skripsi.pdf Download (1MB) |
|
Text
6 ABSTRAK Skripsi.pdf Download (164kB) |
|
Text
7 DAFTAR ISI Skripsi.pdf Download (132kB) |
|
Text
8 BAB I Skripsi.pdf Download (153kB) |
|
Text
9 BAB II Skripsi.pdf Download (160kB) |
|
Text
10 BAB III Skripsi.pdf Download (206kB) |
|
Text
11 BAB IV Skripsi.pdf Restricted to Registered users only Download (290kB) |
|
Text
12 BAB V Skripsi.pdf Download (123kB) |
|
Text
13 DAFTAR PUSTAKA Skripsi.pdf Download (125kB) |
Abstract
Pendidikan karakter menjadi isu yang penting dalam dunia pendidikan sebagai upaya memperbaiki karakter generasi muda, karena degradasi moral yang terus menerus terjadi pada saat ini. Berkaitan dengan itu, PAI merupakan usaha sadar untuk menciptakan siswa dalam menyakini, memahami, menghayati dan mengamalkan agama Islam, mempunyai peranan yang sangat besar dalam merealisasikan tujuan pendidikan nasional tersebut. Hal ini tentunya dilakukan dengan memilih strategi pembelajaran yang sesuai seperti Strategi PBL (Problem Based Learning) yang diterapkan di MA Al-Islam Boarding School Bangsongan Kediri.Dari uraian di atas, maka dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut: (1)Bagaimana rumusan strategi PBL (Problem Based Learning) pada mata pelajaran aqidah-Akhlak di kelas XII Madrasah ‘Aliyah Al-Islam Boarding School Bangsongan Kediri?, (2)Bagaimana pelaksanaan strategi PBL (Problem Based Learning) pada mata pelajaran aqidah-Akhlak di kelas XII Madrasah ‘Aliyah Al-Islam Boarding School Bangsongan Kediri?, (3)Bagaimana evaluasi strategi PBL (Problem Based Learning) pada mata pelajaran aqidah-Akhlak di kelas XII Madrasah ‘Aliyah Al-Islam Boarding School Bangsongan Kediri?.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomologi. Penelitian ini dilakukan di MA Al-Islam Boarding School Kediri. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi.Hasil penelitian yaitu, (1) Perumusan strategi Problem Based Learning di MA Al-Islam Boarding School Kediri dilakukan dengan cara merumuskan model pembelajaran problem based learning dengan memilih masalah yang sesuai dengan materi ajar dan tidak menyulitkan siswa sehingga siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran, menetapkan tujuan yang hendak dicapai seperti siswa memiliki keterampilan menyelidiki suatu masalah dan cara menyelesaikannya, dan memilih sumber dan media yang mendukung agar terlaksananya penerapan model problem based learning. (2) Pelaksanaan strategi Problem Based Learning di MA Al-Islam Boarding School Kediri dilakukan dengan membagi peserta didik dalam beberapa kelompok untuk mencari permasalahan terkait suri tauladan beberapa tokoh Islam di Indonesia, kemudian diskusi kelompok dimana setiap siswa pada kelompok diberikan tugas masing-masing, siswa diberi tugas untuk mengumpulkan informasi berkaitan dengan masalah yang diberikan oleh guru, siswa juga saling bertukar ide-ide sehingga aktivitas belajar meningkat. (3) Evaluasi dalam strategi Problem Based Learning di MA Al-Islam Boarding School Kediri dilakukan dengan memberikan soal-soal terkait materi yang sudah diajarkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Zainul Abidin |
Date Deposited: | 29 Jan 2023 04:57 |
Last Modified: | 18 Nov 2023 02:29 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/693 |
Actions (login required)
View Item |