KHOLIQI FADLOLI, ABIDIN (2023) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMPERKUAT PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA PROSES PEMBELAJARAN DI SMKN 1 KOTA KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti.
|
Text
COVER DLL.pdf Download (391kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (326kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (343kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (274kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (356kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (273kB) |
|
|
Text
Lampiran.pdf Download (666kB) |
Abstract
ABIDIN KHOLIQI FADLOLI, 2023: Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Memperkuat Profil Pelajar Pancasila pada Pembelajaran. Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah. UIT Kediri. Dosen Pembimbing Edy Nurhidin, M.Pd.i Kata Kunci: Peran Guru PAI dan Profil Pelajar Pancasila Penelitian ini menjelaskan tentan Rumusan Masalah (1) Bagaimana peran dan strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam memperkuat Profil Pelajar Pancasila pada pembelajaran di SMKN 1 Kota Kediri (2)Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam memperkuat Profil Pelajar Pancasila pada pembelajaran di SMKN 1 Kota Kediri. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk menganalisis dan mendeskripsikan peran serta strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam memperkuat Profil Pelajar Pancasila pada pembelajaran di SMKN 1 Kota Kediri. (2) Untuk mendeskripsikan hambatan serta bagaimana solusi yang di dapatkan guru Pendidikan Agama Islam dalam memperkuat Profil Pelajar Pancasila pada pembelajaran di SMKN 1 Kota Kediri Penelitian ini menggunakan Metode Kualitatif Deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data primer Waka kurikulum, Waka Kesiswaan, Guru PAI, dan Peserta Didik di SMKN 1 Kota Kediri dan data Sekunder berupa arsip dokumen sekolah. Teknik Pengambilan Data melalui Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi, dan Teknik Keabsahan Data menggunakan Teknik Triangulasi sumber. Hasil penelitian yang diperoleh adalah tentang bentuk Peran Guru PAI dalam Menguatkan Profil Pelajar Pancasila yang sudah berjalan dengan sangat baik dan maksimal, proses pembelajaran dilaksanakan dengan tahap perencanaan, penerapan dan hasil, dengan menggunakan beberapa elemen dan strategi sehingga banyak karakter Profil Pelajar Pancasila yang sudah dilaksanakan dalam penguatanya. Namun ada beberapa hambatan dalam upaya menguatkan Profil Pelajar Pancasila. Pertama, guru perlu lebih memahami gaya belajar siswa dan menyediakan metode pembelajaran yang sesuai agar peserta didik merasa nyaman dan tertarik dalam pembelajaran. Kedua, terkait pelatihan yang hanya dilakukan oleh perwakilan atau tim, menyebabkan perbedaan pemahaman saat hasilnya disampaikan kepada para guru. Ketiga, beberapa guru yang mendekati usia pensiun mungkin kurang memahami dan menerapkan program Profil Pelajar Pancasila. Untuk mengatasi masalah ini, beberapa solusi dapat diterapkan. Pertama, guru dapat memberikan metode, strategi, dan motivasi yang lebih spesifik kepada siswa dengan materi-materi yang relevan secara berkala, dengan pendekatan yang inovatif dan menarik. Kedua workshop, seminar kepada para guru atau kegiatan-kegiatan yang mengupas isu-isu terkait Profil Pelajar Pancasila dapat diadakan. Sehingga dalam pelaksanaan Penguatan Profil Pelajar Pancasila dapat berjalan secara maksim
| Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
|---|---|
| Subjects: | 200 – Agama > 210 Filsafat dan teori agama > 210 Filsafat dan teori agama 200 – Agama > 210 Filsafat dan teori agama > 215 Sains, Ilmu Pengetahuan dan Agama 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 300 Ilmu sosial 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 306 Kultur, ilmu budaya, kebudayaan dan lembaga-lembaga, institusi |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah & Keguruan > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
| Depositing User: | Achmad Roysul Rohim |
| Date Deposited: | 04 Dec 2025 04:05 |
| Last Modified: | 04 Dec 2025 04:05 |
| URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/3402 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
