Rozy, Moch. Fachrur (2024) KEMANDIRIAN ANAK TUNAGRAHITA DILIHAT DARI POLA ASUH ORANG TUA DI SLB BHAKTI PEMUDA KOTA KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kota Kediri.
![]() |
Text
cover dkk.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Bsmillah Skripsi Rozy-13-31.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Bsmillah Skripsi Rozy-32-78 BAB 2.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Bsmillah Skripsi Rozy-79-86 BAB 3.pdf Download (866kB) |
![]() |
Text
Bsmillah Skripsi Rozy-87-106 BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
Bsmillah Skripsi Rozy-107-121 BAB 5.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
dapus.pdf Download (919kB) |
Abstract
MOCH. FACHRUR ROZY: Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Anak Tunagrahita DI SLB Bhakti Pemuda Kota Kediri. Psikologi Islam, Dakwah, UIT Kediri, Dosen Pembimbing Dra. Hj. Sun Fatayati, M.M,. Kata kunci : Pola Asuh Orang Tua, Kemandirian, Tunagrahita Tunagrahita merupakan salah satu macam dari anak berkebutuhan khusus. Istilah ini digunakan untuk menyebut anak yang mempunyai kemampuan intelektual dibawah rata-rata. Menumbuhkan kemandirian pada individu sejak usia dini sangatlah penting karena dengan memiliki kemandirian sejak dini, anak akan terbiasa mengerjakan kebutuhannya sendiri. Kemandirian pada anak berawal dari keluarga serta dipengaruhi oleh pola asuh orang tua. Didalam keluarga, orang tualah yang berperan dalam mengasuh, membimbing dan membantu mengarahkan anak untuk menjadi mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola asuh orang tua terhadap kemandirian anak tunagrahita. Jenis penelitian ini termasuk kedalam penelitian kualitatif menggunakan pendekatan penelitian lapangan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pola asuh yang orang tua berikan sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak. Anak dibimbing dan dididik sesuai dengan kemampuan untuk mencapai tahap mandiri. Pola asuh yang diberikan orang tua yaitu pola asuh demokratis dan pola asuh permissif. Pola asuh demokratis dimana orang tua memberikan perhatian penuh pada anak. Pola asuh permissif dimana orang tua cenderung membiarkan anaknya. Kemudian, untuk membentuk kemandirian pada diri anak orang tua melakukan upaya seperti menumbuhkan rasa percaya diri, memberikan latihan dan kebiasaan. Latihan yang diberikan seperti cara mandi, berpakain, dll. Orang tua menerapkan latihan yang telah diberikan sebagai kebiasaan untuk dilakukan oleh anak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 153 Proses mental dan kecerdasan |
Divisions: | Fakultas Dakwah > Psikologi Islam |
Depositing User: | Mahasiswa 2023 uit |
Date Deposited: | 05 Jul 2025 03:45 |
Last Modified: | 05 Jul 2025 03:45 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/3168 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |