Ulub, Moh. Athibbaul (2024) Pengaruh alat peraga edukatif Pop-UP terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V MI Barokah at-Tahdzib Kras-Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri.
![]() |
Text
COVER DLL.pdf Download (801kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (248kB) |
![]() |
Text
BAB II KAJIAN TEORI.pdf Download (219kB) |
![]() |
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf Download (249kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (438kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (39kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (93kB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul Pengaruh Alat Peraga Edukatif Pop-Up Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA kelas V MI Barokah at-Tahdzib Kras-Kediri. Penelitian ini dilatar belakangi observasi yang dilakukan peneliti pada bulan Nopember 2023 selama 4 kali pertemuan di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Barokah at-Tahdzib pada mapel Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) materi alat gerak pada hewan. Dari 37 siswa yang terbagi dalam 2 rombongan belajar masih ditemukan 25 % siswa yang belum maksimal dalam menangkap materi yang disampaikan oleh guru. Hal ini disebabkan karena belum maksimalnya proses give-take pembelajaran akibat dari proses penggambaran objek yang masih abstrak. Berdasarkan hal tersebut peneliti menerapkan Alat Peraga Edukatif “Pop-Up” yang bertujuan untuk Menganalisis Pengaruh hasil belajar siswa Kelas V pada materi pelajaran IPA di MI Barokah at-Tahdzib Kras-Kediri. Berdasarkan uji pre-test dan post test pada kelas kontrol dan eksperimen selama kurun waktu tanggal 1 s.d 30 Mei 2024 serta berdasarkan analisis uji t-test data akhir penelitian , diketahui terdapat perbedaan yang sangat signifikan secara statistik terhadap rata-rata minat dan hasil belajar dengan menggunakan APE Pop-Up pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas V di MI Barokah at-Tahdzib Kras-Kediri yakni sebesar 10.135. terdapat peningkatan hasil belajar di kelas eksperimen (VB) dengan nilai rata-rata post-test sebesar 82,5 , nilai minimum dan maksimum sebesar 75. dan 98, sum sebesar 1485 standar deviasi populasi sebesar 8,789198 standart deviasi sampel sebesar 9,04401variance populasi sebesar 77,25 dan varian sampel sebesar 81,7941. Dimana pada kelas eksperimen terdapat 18 peserta didik yang mendapat nilai pada rentang 71-80 sebanyak 9 siswa, pada rentang 81-90 ada 4 peserta didik, pada rentang 91-100 ada 5.peserta didik, dimana pada kelas VB terdapat 9 siswa dikelompok atas/ tinggi (50%), 9 siswa di kelompok tengah/sedang (50%), dan 0 siswa dikelompok bawah/rendah (0%). Sedangkan pada kelas kontrol terdapat nilai rata-rata post test sebesar 62,36%. Hal tersebut memberi selisih uji perbedaan rata-rata hasil belajar siswa kelas VB dan VA = 5,217. Dengan dk = (5,167>1,666) yang berarti hipotesis (Ha) penelitian ini diterima, yaitu hasil belajar siswa kelompok eksperimen lebih baik dari pada kelompok kontrol serta penerapan APE Pop-Up pada kelas eksperimen memberikan hasil belajar yang lebih baik daripada kelas kontrol dan tanpa penerapan APE Pop-UP.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 500 – Ilmu Pengetahuan > 500 Ilmu pengetahuan > 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI (PGMI) |
Depositing User: | Mahasiswa 2023 uit |
Date Deposited: | 14 May 2025 07:39 |
Last Modified: | 17 Jun 2025 03:46 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/3087 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |