Khoiron, Syahrul (2024) Penarapn tata tertib Sekolah pada Peserta Didik untuk meningkatkan kedisiplinan siswa di SD Al-Mahrusiyah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam tribakti.
![]() |
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (405kB) |
![]() |
Text
bab 1 .pdf Download (374kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Download (546kB) |
![]() |
Text
BAB 3 .pdf Download (218kB) |
![]() |
Text
bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (162kB) |
![]() |
Text
bab 5.pdf Download (71kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (189kB) |
Abstract
Sekolah sebagai tempat pendidikan lanjutan setelah lingkungan keluarga, dan merupakan lembaga yang memiliki tanggung jawab besar untuk mencapai tujuan pendidikan. Sekolah juga memiliki aturan yang harus ditaati sebagai bentuk kepribadian peserta didik yang disiplin tinggi. Bagi peserta didik mematuhi hukum di sekolah menerapkan tata tertib yang merupakan kewajiban untuk menciptakan kedisiplinan. Pada kenyataannya, masalah kedisiplinan merupakan hal umum dan bersifat klasik, namun tetap relevan untuk diperbincangkan secara ilmiah. Berdasarkan uraian diatas, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan tata tertib sekolah pada peserta didik di SD Al-mahrusiyah, untuk mengetahui apa faktor pendukung dan penghambat penerapan tata tertib di SD Al-mahrusiyah, untuk mengetahui bagaimana pengaruh Tata tertib sekolah terhadap kedisiplinan peserta didik di SD Al-mahrusiyah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian studi kasus dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh dengan triangulasi sumber dan metode. Sedangkan untuk menganalisis data, tahapan yang dilakukan adalah mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Landasan teori dimanfaatkan sebagai panduan agar fokus penelitian sesuai dengan fakta di lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bagi sekolah, hendaknya tata tertib lebih dimaksimalkan lagi sosialisasinya kepada peserta didik, alangkah baiknya jika pihak sekolah membuat tata tertib untuk peserta didik dalam bentuk buku saku, Selanjutnya kerjasama antar personil sekolah lebih ditingkatkan lagi agar penerapan tata tertib sekolah terhadap peserta didik bisa berjalan lebih baik lagi. Bagi peserta didik hendaknya selalu meningkatkan kedisiplinan dengan cara mentaati peraturan yang ada baik peraturan yang dibuat oleh sekolah maupun peraturan dari guru mata pelajaran. Bagi peneliti selanjutnya dapat menjadi acuan dalam mengembangka penelitian tentang tata tertib sekolah dalam pengaruhnya pada Kedisiplinan peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah & Keguruan > Pendidikan Guru MI (PGMI) |
Depositing User: | Mahasiswa 2023 uit |
Date Deposited: | 25 Aug 2025 01:25 |
Last Modified: | 25 Aug 2025 01:25 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2814 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |