A'yun, Qurrotul (2024) Peran Pengasuh Pondok Pesantren dalam Membentuk Pendidikan Moral Generasi Z dan Generasi Alpha di Pondok Pesantren Putri Al-Baqoroh. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti.
![]() |
Text
20.01.0.10049_PRABAB.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
20.01.0.10049_BAB-1.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
20.01.0.10049_BAB-2.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
20.01.0.10049_BAB-3.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
20.01.0.10049_BAB-4.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
![]() |
Text
20.01.0.10049_BAB-5.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pengasuh pondok pesantren merupakan central figure di pondok pesantren, bukan saja karena keilmuannya, melainkan juga karena kedudukannya sebagai pendiri, pemegang kekuasaan tertinggi, serta memiliki wewenang dalam mengembangkan elemen pondok pesantren, salah satunya dalam membentuk santri yang berakhlakul karimah. Oleh karena itu, peran pengasuh pondok pesantren sangat penting dalam membentuk moral para santri, khususnya generasi Z dan generasi Alpha. Penelitian ini memfokuskan pada: (1) Peran pengasuh pondok pesantren dalam membentuk pendidikan moral generasi Z dan generasi Alpha di Pondok Pesantren Putri Al-Baqoroh; (2) Faktor pendukung dan penghambat dalam membentuk pendidikan moral generasi Z dan generasi Alpha di Pondok Pesantren Putri Al-Baqoroh; (3) Hasil dari peran pengasuh pondok pesantren dalam membentuk pendidikan moral generasi Z dan generasi Alpha di Pondok Pesantren Putri Al-Baqoroh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran pengasuh, faktor pendukung dan penghambat, serta hasil pembentukan moral santri di pondok pesantren tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field research, dimana peneliti secara langsung terjun ke lapangan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan empat langkah, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peran pengasuh pondok pesantren dalam membentuk pendidikan moral generasi Z dan generasi Alpha meliputi sebagai pendidik dan pembimbing, sebagai orang tua kedua bagi santri, serta sebagai pemimpin ibadah santri; (2) Faktor pendukung meliputi faktor internal santri dan dukungan orang tua, sedangkan faktor penghambat meliputi faktor internal santri dan faktor eksternal pondok pesantren; (3) Hasil pembentukan akhlak santri menunjukkan bahwa santri lama telah terbiasa melakukan hal-hal positif, sementara santri baru mulai membiasakan diri melakukan hal-hal positif sesuai arahan pengasuh pondok pesantren.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah & Keguruan > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Mahasiswa 2023 uit |
Date Deposited: | 20 Sep 2025 04:25 |
Last Modified: | 20 Sep 2025 04:25 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2776 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |