Pembelajaran kitab Washoya Al-Abaa’ Lil Abnaa’ dalam pembentukan akhlak karimah peserta didik TPQ (Taman Pendidikan Qur’an) Al-Barokah Pule Macanan)

Latifah, Kumala Azizah (2024) Pembelajaran kitab Washoya Al-Abaa’ Lil Abnaa’ dalam pembentukan akhlak karimah peserta didik TPQ (Taman Pendidikan Qur’an) Al-Barokah Pule Macanan). Undergraduate (S1) thesis, universitas agama islam tribakti.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (381kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (483kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (850kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (761kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (524kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (472kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (509kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Adanya penelitian ini berawal dari pengamatan peneliti kepada peserta didik anak usia dini hingga dewasa masih kurang dalam hal akhlak kepada sesama terutama kepada orang tua, hal ini dibuktikan bahwa banyak dari mereka yang masih menyepelekan nasehat orang tua dan membangkang kepada orang tua maupun guru nya. Hal ini menunjukan harus ada pengembangan kualitas pendidikan mereka melalui sekolah maupun madrasah diniah yang mereka tempati, terutama pembelajaran akhlak peserta didik, bisa dilakukan dengan mempelajari buku atau kitab-kitab tentang akhlak yang diajarkan di madrasah diniah. Rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran kitab Washoya Al-Abaa’ Lil Abnaa’ dalam pembentukan akhlak peserta didik TPQ (Taman Pendidikan Qur’an) Al-Barokah Pule Macanan. 2) Bagaimana peran pembelajaran kitab washoya Al-Abaa’ Lil Abnaa’ dalam pembentukan akhlak peserta didik TPQ (Taman Pendidikan Qur’an) Al-Barokah Pule Macanan. 3) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat pembelajaran kitab Washoya Al-Abaa’ Lil Abnaa’ dalam pembentukan akhlak peserta didik TPQ (Taman Pendidikan Qur’an) Al-Barokah Pule Macanan. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran kitab Washoya Al-Abaa’ Lil Abnaa’ dalam pembentukan akhlak peserta didik TPQ (Taman Pendidikan Qur’an) Al-Barokah Pule Macanan. 2) Untuk mengetahui peran pembelajaran kitab Washoya Al-Abaa’ Lil Abnaa’ dalam pembentukan akhlak peserta didik TPQ (Taman Pendidikan Qur’an) Al-Barokah Pule Macanan. 3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pembelajaran kitab Washoya Al-Abaa’ Lil Abnaa’ dalam pembentukan akhlak peserta didik TPQ (Taman Pendidikan Qur’an) Al-Barokah Pule Macanan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi kasus dan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber primer dan sekunder. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Untuk menguji keabsahan data peneliti melakukan triangulasi teknik, triangulasi sumber dan menggunakan bahan referensi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa 1) Pelaksanaan pembelajaran kitab Washoya Al-Abaa’ Lil Abnaa’ dalam pembentukan akhlak peserta didik TPQ (Taman Pendidikan Qur’an) Al-Barokah Pule Macanan adapun pelaksanaanya adalah sebagai berikut : dilaksanakan tiga pertemuan dalam satu minggu yaitu setiap hari sabtu, ahad dan senin, kegiatan pembelajaran terdiri dari pendahuluan, inti dan penutup. Metode yang digunakan yaitu metode bandongan, sorogan, penjelasan dan tanya jawab. 2) peran pembelajaran kitab Washoya Al-Abaa’ Lil Abnaa’ dalam pembentukan akhlak peserta didik TPQ (Taman Pendidikan Qur’an) Al-Barokah Pule Macanan adalah dapat membentuk akhlak karimah serta memberikan wawasan baru kepada peserta didik tentang akhlak yang baik dan buruk.3) faktor pendukung dan penghambat pembelajaran kitab Washoya Al-Abaa’ Lil Abnaa’ dalam pembentukan akhlak peserta didik TPQ (Taman Pendidikan Qur’an) Al-Barokah Pule Macanan adalah faktor pendukung diantaranya karena faktor pendidik, diri sendiri dan lingkungan, adapun penghambatnya adalah kurangny teladan, faktor cuaca, lingkungan dan pendidik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mahasiswa 2023 uit
Date Deposited: 28 May 2025 07:34
Last Modified: 28 May 2025 07:34
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2774

Actions (login required)

View Item View Item