Penerapan Gaya Belajar Visual dan Auditori dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur’an Santri di Pondok Pesantren Putri Al-Baqoroh

Azhar, Sella Fauziyyah (2024) Penerapan Gaya Belajar Visual dan Auditori dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur’an Santri di Pondok Pesantren Putri Al-Baqoroh. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti.

[img] Text
2001010032_PRABAB.pdf

Download (613kB)
[img] Text
2001010032_BAB-1.pdf

Download (326kB)
[img] Text
2001010032_BAB-2.pdf

Download (312kB)
[img] Text
2001010032_BAB-3.pdf

Download (171kB)
[img] Text
2001010032_BAB-4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB)
[img] Text
2001010032_BAB-5.pdf

Download (201kB)

Abstract

Menghafalkan Al-Qur’an merupakan suatu keinginan banyak orang. Akan tetapi seseorang lebih fokus menghafal tanpa mengetahui cara menghafal dengan baik. Padahal menghafal juga membutuhkan metode atau gaya belajar yang baik supaya kita dapat dengan mudah dalam menghafalkan Al-Qur’an. Untuk itu penelitian yang ditulis dalam skripsi ini fokus pada penerapan gaya belajar visual dan auditori agar dapat meningkatkan kualitas hafalan santri supaya mudah dalam menghafalkan Al-Qur’an dengan baik dan benar. Dalam uraian diatas penulis memiliki fokus penelitian sebagai berikut: (1) Bagaimana gaya belajar visual dan auditori dalam meningkatkan kualitas hafalan Al-Qur’an santri di Pondok Pesantren Putri Al-Baqoroh? (2) Bagaimana cara menerapkan gaya belajar visual dan auditori dalam meningkatkan kualitas hafalan Al-Quran santri di Pondok Pesantren Putri Al-Baqoroh? Tujuan penelitian adalah 1) Untuk mengetahui gaya belajar visual dan auditori dalam meningkatkan kualitas hafalan Al-Qur’an santri di Pondok Pesantren Putri Al-Baqoroh. 2) Untuk mengetahui penerapan gaya belajar visual dan auditori dalam meningkatkan kualitas hafalan Al-Qur’an santri di Pondok Pesantren Putri Al-Baqoroh. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif yang artinya data yang dikumpukan bukan berupa angka-angka akan tetapi data tersebut berupa catatan lapangan, hasil wawancara dan dokumentasi gambar. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi partisipatif, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi dan mengumpulkan data supaya dapat mengetahui data dengan valid. Hasil penelitian adalah 1) Gaya belajar visual dan auditori dalam meningkatkan kualitas hafalan santri di Pondok Pesantren Putri Al-Baqoroh yaitu menghafalkan Al-Qur’an dengan cara membaca mushaf terlebih dahulu kemudian dihafalkan baik per ayat ataupun sekaligus 1 kaca. Dan Adapun kegiatan yang dapat mendukung gaya belajar auditori yaitu berupa simakan pada hari jum’at. 2) penerapan gaya belajar visual dan auditori dalam meningkatkan kualitas hafalan santri di pondok pesantren Al-Baqoroh yaitu menghafalkan Al-Qur’an dengan cara membaca mushaf dengan berulang-ulang atau sebanyak mungkin terlebih dahulu setelah dibaca kemudian dihafalkan per-ayat baik secara dengan melihat terlebih dahulu ataupun langsung dengan tanpa melihat. Apabila menemukan ayat yang sulit dihafalkan, maka santri akan memintakan tolong temannya untuk dibacakan ayat yang sulit dihafalkan untuk dapat ditirukan bacaan ayat tersebut agar dapat memaksimalkan hafalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Keguruan > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mahasiswa 2023 uit
Date Deposited: 29 Aug 2025 01:59
Last Modified: 29 Aug 2025 01:59
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2771

Actions (login required)

View Item View Item