Implementasi Metode Pembelajaran Debat Aktif dalam Keaktifan Belajar pada Pembelajaran Fiqih di Pondok Pesantren Putri Al-Baqoroh

Sari, Nurul Indah Widya (2024) Implementasi Metode Pembelajaran Debat Aktif dalam Keaktifan Belajar pada Pembelajaran Fiqih di Pondok Pesantren Putri Al-Baqoroh. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti.

[img] Text
20.01.0.10050_PRABAB.pdf

Download (2MB)
[img] Text
20.01.0.10050_BAB-1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
20.01.0.10050_BAB-2.pdf

Download (3MB)
[img] Text
20.01.0.10050_BAB-3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
20.01.0.10050_BAB-4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
20.01.0.10050_BAB-5.pdf

Download (335kB)
[img] Text
20.01.0.10050_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Proses belajar dan mengajar merupakan 2 konsep yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain, sebab menggabungkan komunikasi antara keduanya. Belajar menunjukkan apa yang harus dilakukan seseorang sebagai sasaran pendidik (subyek) yang menerima. Sedangkan mengajar menunjukkan apa yang harus dilakukan oleh guru sebagai pengajar. Pemilihan dan penggunaan metode yang tepat sangat berpengaruh terhadap proses pembelajaran, sehingga guru harus mampu memilih metode yang sesuai dengan materi dan kemampuan siswa. Hal tersebut bertujuan untuk memudahkan guru dalam menyampaikan materi dengan baik pada saat proses belajar mengajar. Oleh karena itu, kreatifitas seorang guru dalam mengajar sangat diperlukan oleh siswa, karena hal ini sangat berkaitan dengan minat belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan dengan menurunnya semangat siswa pada proses pembelajaran sehingga siswa juga merasa jenuh dalam mengikuti pelajaran. Dari uraian di atas, maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut: (1) Bagaimana implementasi metode pembelajaran debat aktif dalam keaktifan belajar pada pembelajaran fiqih di Pondok Pesantren Putri Al-Baqoroh? (2) Bagaimana respon santri terhadap implementasi metode debat aktif dalam keaktifan belajar pada pembelajaran fiqih di Pondok Pesantren Putri Al-Baqoroh? Berdasarkan jenis penelitiannya,penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) yaitu suatu penelitian yang dilaksanakan pada latar terjadinya gejala-gejala, sifat dari penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang berupa kata tetulis atau lisan dari orang dan perilaku yang diamati, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Debat aktif membantu santri meningkatkan kemampuan berpikir kritis, menganalisis, dan berkomunikasi. Mereka juga menjadi lebih percaya diri dalam menyampaikan pendapat di depan umum. Namun, beberapa santri merasa kesulitan dalam beradaptasi dengan metode pembelajaran yang baru ini, terutama dalam hal merumuskan argumen yang logis dan sistematis.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Keguruan > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mahasiswa 2023 uit
Date Deposited: 25 Aug 2025 02:03
Last Modified: 25 Aug 2025 02:03
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2762

Actions (login required)

View Item View Item