Praktik Pendidikan Karakter Anak dalam Perspektif Qur’an Surah Luqman Ayat 13-19

Faizah, Naila Taslimah Nur (2024) Praktik Pendidikan Karakter Anak dalam Perspektif Qur’an Surah Luqman Ayat 13-19. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti.

[img] Text
2001010040_PRABAB.pdf

Download (779kB)
[img] Text
2001010040_BAB-1.pdf

Download (376kB)
[img] Text
2001010040_BAB-2.pdf

Download (472kB)
[img] Text
2001010040_BAB-4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (733kB)
[img] Text
2001010040_BAB-5.pdf

Download (321kB)

Abstract

Pendidikan karakter merupakan bagian dari ajaran Pendidikan agama Islam. Pendidikan Akhlak lebih utama ditanamkan mulai dari masa dini agar kelak di masa yang akan dataang bisa menjadi tauladan untuk generasi selanjutnya. Pendidikan akhlak merupakan hal yang penting bagi manusia untuk mendapatkan kebahagiaan di dunia maupun di akhirat. Dari uraian di atas maka dapat di rumuskan masalah penelitian sebagai berikut: (1) Bagaimana penerapan pendidikan karakter anak menurut QS. Luqman: 13-19 di Pondok Pesantren Al-Baqarah. (2) Apa faktor pendukung dan penghambat penerapan Pendidikan karakter anak menurut QS. Luqman: 13-19 di Pondok Pesantren Al-Baqarah. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif. Adapun sumber data dari penelitian ini menggunakan data priner dan data sekunder dengan teknik pengumpulan data dengan menggunakan Teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan adalah analisis menurut Langkah-langkah dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan pendidikan karakter anak dalam QS. Luqman: 13-19 meliputi: 1. Penerapan pendidikan karakter anak menurut QS. Luqman: 13-19 di Pondok Pesantren Al-Baqarah, a) Pendidikan ketauhidan, dengan penerapan sekolah diniyah menggunakan kitab Tauhid Jawan dengan metode ceramah dan sorogan. b) Pendidikan Syari’at, meliputi shalat berjama’ah dan penanaman sikap amar ma’ruf nahi munkar c) Berakhlak Rendah hati, yang langsung diterapkan oleh Pengasuh Pondok Pesantren Al-Baqarah seperti dimanapun pengasuh berada, pengasuh selalu menunduk, memulyakan tamu dan menitipkan salam pada santri yang hendak pulang d) Patuh dan berbakti kepada orang tua, sebagaimana mereka memulyakan gurunya demikian juga dia harus menerapkannya kepada orangtu atau bahkan lebih. e) Tentang pengawasan Allah dan bersyukur, memberikan pengertian pada anak bahwa dimanapun kita berada kita akan selalu diawasi oleh Allah dan kita juga harus mensyukuri atas apa yang Allah titipkan pada kita, segala sesuatu yang sudah ditakarkan tidak akan tertukar. 2. Faktor pendukung dan penghambat penerapan pendidikan karakter anak menurut QS. Luqman: 13-19 di Pondok Pesantren Al-Baqarah. a) Faktor kebiasaan, dengan penerapan seperti shalat berjama’ah, wajib deresan dan famy bisyauqin (membaca Al-Qur’an Bersama-sama) walaupun masih banyak anak yang melanggar peraturan dan mengulang-ulang kesalahan yang sama serta pendidik yang tidak konsisten dalam mendidik anak. b), Faktor Pendidikan, seperti inventaris madrasah yang sudah memadai dan adanya ujian praktik setiap tiga bulan sekali.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Keguruan > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mahasiswa 2023 uit
Date Deposited: 29 Aug 2025 02:17
Last Modified: 29 Aug 2025 02:17
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2759

Actions (login required)

View Item View Item