PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DENGAN MODEL PJBL(PROJECT BASED LEARNING) PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV - VI DI MI HIDAYATUL MUTA’ALLIMIN

Sa'diyah, Halimatul (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DENGAN MODEL PJBL(PROJECT BASED LEARNING) PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV - VI DI MI HIDAYATUL MUTA’ALLIMIN. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo.

[img] Text
skripsi HALIMATUL S 2024 AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
skripsi HALIMATUL S 2024 ABSTRAK.pdf

Download (331kB)
[img] Text
skripsi HALIMATUL S 2024 BAB 1.pdf

Download (466kB)
[img] Text
skripsi HALIMATUL S 2024 BAB 2.pdf

Download (483kB)
[img] Text
skripsi HALIMATUL S 2024 BAB 3.pdf

Download (324kB)
[img] Text
skripsi HALIMATUL S 2024 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
skripsi HALIMATUL S 2024 BAB 5.pdf

Download (153kB)
[img] Text
skripsi HALIMATUL S 2024 LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di MI Hidayatul Muta’allimin pada siswa kelas IV dan V pada Tahun Ajaran 2023/2024. Untuk mengetahui seberapa besar motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa kelas IV MI Hidayatul Muta’allimin pada mata pelajaran IPAS dengan menggunakan model Project Based Learning (PjBL). Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan penelitian tindakan kelas. Dalam penelitian ini, peneliti melibatkan seluruh siswa kelas IV dan V MI Hidayatul Muta’allimin. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 68 siswa yang terdiri dari 34 siswa kelas eksperimen dan 34 siswa kelas kontrol. Teknik pengumpulan data kemampuan berpikir kreatif siswa dengan cara observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan uji t atau uji perbedaan dua rata-rata antara kelas kontrol dan eksperimen. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa nilai rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajarkan menggunakan model Project Based Learning (PjBL) sebesar 86, sedangkan nilai rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional sebesar 49,71. Dengan demikian, penggunaan model Project Based Learning (PjBL) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Keguruan > Pendidikan Guru MI (PGMI)
Depositing User: Mahasiswa 2023 uit
Date Deposited: 19 Aug 2025 02:29
Last Modified: 19 Aug 2025 02:29
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2714

Actions (login required)

View Item View Item