Makmun, Syukron (2024) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN KEDISIPLINAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI MI DARUSSALAM PETOK KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri.
![]() |
Text
20.26.0.1907_PRABAB.pdf Download (689kB) |
![]() |
Text
20.26.0.1907_BAB-1.pdf Download (157kB) |
![]() |
Text
20.26.0.1907_BAB-2.pdf Download (157kB) |
![]() |
Text
20.26.0.1907_BAB-3.pdf Download (86kB) |
![]() |
Text
20.26.0.1907_BAB-4.pdf Restricted to Registered users only Download (130kB) |
![]() |
Text
20.26.0.1907_BAB-5.pdf Download (140kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena bahwa kesadaran guru dalam meningkatkan minat dan kedisiplinan belajar sangat memengaruhi pentingnya belajar maupun prosesnya bagi peserta didik. Dalam hal ini, strategi guru sangat dibutuhkan dalam peningkatan minat dan kedisiplinan belajar peserta didik agar tujuan pendidikan dan proses belajar mengajar dapat tercapai dengan sempurna. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana strategi guru dalam meningkatkan minat belajar peserta didik di MI Darussalam Petok Kediri? (2) Bagaimana strategi guru dalam meningkatkan kedisiplinan belajar peserta didik di MI Darussalam Petok Kediri? (3) Bagaimana hasil penerapan strategi guru dalam meningkatkan minat dan kedisiplinan belajar peserta didik di MI Darussalam Petok Kediri? Metode penelitian dalam skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan teknik triangulasi. Guru di MI Darussalam Petok Kediri menggunakan beberapa strategi untuk meningkatkan minat belajar peserta didik, yaitu: (1) mengubah metode belajar menjadi lebih menarik, (2) mengubah metode ceramah menjadi metode praktik, (3) menggunakan variasi metode pengajaran, dan (4) memberikan tugas belajar individu maupun kelompok dengan batas waktu tertentu. Strategi guru untuk meningkatkan kedisiplinan belajar adalah: (1) menerapkan sistem belajar aktif, (2) memberikan tugas belajar individu maupun kelompok, (3) bersikap tegas dalam mengajar dan menegur peserta didik saat melakukan pelanggaran kedisiplinan, serta (4) memberikan sanksi atau hukuman yang bermanfaat bagi peserta didik yang melanggar. Adapun hasil penerapan strategi guru dalam meningkatkan minat dan kedisiplinan belajar yaitu: (1) peserta didik yang diberi tugas kelompok menjadi lebih aktif, (2) peserta didik lebih bersemangat, dan (3) terjadi pengurangan tingkat pelanggaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah & Keguruan > Pendidikan Guru MI (PGMI) |
Depositing User: | Mahasiswa 2023 uit |
Date Deposited: | 25 Aug 2025 03:47 |
Last Modified: | 25 Aug 2025 03:47 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2686 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |