Zulaihah, Siti (2024) PERAN GURU FIQIH DALAM MEMBINA KEDISIPLINAN SHOLAT SISWA KELAS V DI MI AL-MUWAZANAH 1 PLOSOKLATEN KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri.
![]() |
Text
20.26.0.1925_PRABAB.pdf Download (451kB) |
![]() |
Text
20.26.0.1925_BAB-1.pdf Download (120kB) |
![]() |
Text
20.26.0.1925_BAB-2.pdf Download (134kB) |
![]() |
Text
20.26.0.1925_BAB-3.pdf Download (123kB) |
![]() |
Text
20.26.0.1925_BAB-4.pdf Restricted to Registered users only Download (244kB) |
![]() |
Text
20.26.0.1925_BAB-5.pdf Download (165kB) |
Abstract
Menjadi seorang guru adalah profesi yang mulia. Seorang guru tidak hanya bertugas menyampaikan materi pembelajaran, tetapi juga memiliki tanggung jawab besar dalam menjalankan perannya sebagai pendidik, terutama dalam membina sikap, perilaku, dan kedisiplinan peserta didik. Dalam konteks penelitian ini, permasalahan yang muncul adalah banyaknya siswa yang kurang disiplin dalam melaksanakan ibadah shalat. Di MI Al-Muwazanah 1 Plosoklaten Kediri, pembinaan kedisiplinan shalat siswa kelas V sebenarnya telah dilaksanakan, salah satunya dengan memberi teladan. Namun, masih terdapat beberapa siswa yang melanggar peraturan, seperti datang terlambat sehingga tertinggal shalat dhuha, bermain-main saat shalat berlangsung, melakukan kesalahan bacaan dan gerakan shalat, bahkan ada siswa yang diam-diam bolos untuk menghindari shalat berjamaah di madrasah. Berdasarkan uraian tersebut, dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut: (1) Bagaimana langkah-langkah guru fiqih dalam membina kedisiplinan shalat siswa kelas V di MI Al-Muwazanah 1 Plosoklaten Kediri? (2) Bagaimana peran guru fiqih dalam membina kedisiplinan shalat siswa kelas V di MI Al-Muwazanah 1 Plosoklaten Kediri? Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif, yaitu analisis yang menekankan pada makna, penalaran, serta gambaran apa adanya mengenai objek yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah yang dilakukan guru fiqih dalam membina kedisiplinan shalat siswa kelas V di MI Al-Muwazanah 1 Plosoklaten meliputi metode pembiasaan, bimbingan khusus, serta pemberian sanksi atau hukuman. Adapun peran guru fiqih sebagai pembina kedisiplinan shalat terlihat dalam pelaksanaan pembelajaran fiqih di kelas, memberikan himbauan untuk shalat dhuha berjamaah, serta melakukan pendampingan saat pelaksanaan shalat dhuha berjamaah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah & Keguruan > Pendidikan Guru MI (PGMI) |
Depositing User: | Mahasiswa 2023 uit |
Date Deposited: | 25 Aug 2025 04:04 |
Last Modified: | 25 Aug 2025 04:04 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2683 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |