Afif, Hidayat (2024) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SMP AL-MAHRUSIYAH. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri.
![]() |
Text
cover skripsi pdf.pdf Download (794kB) |
![]() |
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (551kB) |
![]() |
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf Download (456kB) |
![]() |
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf Download (486kB) |
![]() |
Text
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only Download (835kB) |
![]() |
Text
BAB V new.pdf Download (1MB) |
Abstract
Guru memiliki banyak sekali peran dalam dunia pendidikan. Seperti halnya peran guru PAI yang ada di SMP AL-MAHRUSIYAH Kota Kediri dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa. Maka peneliti memfokuskan permasalahan dalam penelitian ini yaitu pada peran guru pedidikan agama islam (PAI) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP AL- MAHRUSIYAH Kota Kediri. Dari uraian diatas, tujuan dari penelitian ini adalah untuk, (1) mengetahui apa saja metode yang digunakan guru dalam mengembangkan keterampilan berfikir kritis siswa di SMP Al Mahrusiyah Kota Kediri (2) mengetahui bentuk bentuk keterampilan berpikir kritis siswa ketika di kelas di SMP Al Mahrusiyah Kota Kediri di SMP Al Mahrusiyah Kota Kediri. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif yang menghasilkan fakta-fakta deskriptif berupa informasi-informasi yang diperoleh dari responden berupa kata-kata tertulis maupun lisan yang diperoleh dari lingkungan sekolah SMP AL-MAHRUSIYAH Kota Kediri. Teknik pengumpulan data yang dunakan oleh peneliti yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa,(1)Terdapat berbagai cara metode pengajaran guru yang dapat digunakan hal itu tergantung pada tujuan pembelajaran, jenis bahan ajar, serta gaya belajar siswa.Beberapa metode tersebut yang dapat membantu dalam pengembangan berpikir kritis yaitu metode diskusi dan metode penugasan proyek. (2) Bentuk-bentuk berpikir kritis siswa di kelas SMP dapat terlihat dalam berbagai aktivitas dan interaksi mereka selama pembelajaran. Setiap siswa memiliki berbagai cara dalam menunjukkan keterampilan berpikir kritis. Beberapa bentuk bentuk berpikir kritis dikelas antara lain menganalisis dan mengevaluasi sumber informasi, pembuatan keputusan ketika di beri sebuah permasalahan serta kreativitas siswa ketika pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah & Keguruan > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | S.Pd ghibran mustafa chaliel |
Date Deposited: | 19 Aug 2025 02:48 |
Last Modified: | 19 Aug 2025 02:48 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2680 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |