PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWER POINT INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MTS RAUDLATUT THALABAH PADA MATA PELAJARAN PAI

Khanif Salsabila, Muhammad (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWER POINT INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MTS RAUDLATUT THALABAH PADA MATA PELAJARAN PAI. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo.

[img] Text
COVER.pdf

Download (541kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (93kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (287kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (307kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (292kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (197kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (210kB)

Abstract

Pendidikan agama islam (PAI) merupakan mata pelajaran yang mencakupi beberapa pelajaran seperti Akidah Akhlak, Al-Qur’an Hadist, Fiqih dan Sejarah Kebudayaan Islam. Hampir kebanyakan peserta didik menganggap pelajaran PAI merupakan pelajaran yang mudah dan membosankan. Namun pelajaran PAI sangat penting untuk kehidupan kita kedepannya, mata pelajaran PAI yang dapat menuntun peserta didik ke dalam jalan yang benar menurut ajaran agama. Selain itu metode yang monoton seperti metode ceramah dapat membuat peserta didik cepat bosan. Hal ini juga akan berpengaruh pada rendahnya motivasi dan minat belajar peserta didik yang kemudian akan berimbas terhadap hasil belajar peserta didik. Oleh sebab itu perlu adanya inovasi dalam memberikan pembelajaran seperti menggunakan media pembelajaran power point interaktif ini yang akan mempengaruhi minat belajar peserta didik. Untuk mengetahui pengaruh media power point interaktif terhadap hasil belajar peserta didik perlu adanya penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis quasi eksperimen dengan bentuk desain post test only. Dengan populasi 24 peserta didik kelas VIII A dan 24 peserta didik kelas VIII B MTs Raudlatut Thalabah dan sampel dipilih secara purposive sampling. Dengan menggunakan analisis data uji t independent. Diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0.002 artinya terdapat pengaruh media pembelajaran power point interaktif terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII MTs Raudlatut Thalabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Keguruan > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: S.Pd ghibran mustafa chaliel
Date Deposited: 19 Aug 2025 02:47
Last Modified: 19 Aug 2025 02:47
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2674

Actions (login required)

View Item View Item