ANALISIS REKOGNISI SISWA TERHADAP HURUF HIJAIYAH DENGAN TES PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN DAN HADIS DI MA RAUDLATUT THALABAH NGADILUWIH KEDIRI

Safitri, Maulida (2023) ANALISIS REKOGNISI SISWA TERHADAP HURUF HIJAIYAH DENGAN TES PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN DAN HADIS DI MA RAUDLATUT THALABAH NGADILUWIH KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Tribakti Lirboyo Kediri.

[img] Text
Cover dkk.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (581kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (931kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (527kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (927kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (454kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (568kB)

Abstract

Peran huruf hijaiyah dalam mata pelajaran Al-Qur’an dan Hadis sangatlah penting. Untuk dapat memahami kandungan Al-Qur’an dan Hadis, peserta didik harus mampu membaca huruf hijaiyah terlebih dahulu. Tidak hanya sekadar membaca, huruf hijaiyah juga memiliki sifat dan makhārij al-ḥurūf (tempat keluarnya huruf), yang merupakan komponen penting dalam pelafalan. Agar huruf dapat terbaca dengan benar dan tidak menimbulkan kesalahan makna, maka huruf hijaiyah harus dibaca dengan memenuhi sifat dan sesuai dengan makhraj-nya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan rekognisi huruf hijaiyah siswa dalam mata pelajaran Al-Qur’an dan Hadis di MA Raudlatut Thalabah, serta untuk menganalisis hasil rekognisi siswa terhadap huruf hijaiyah melalui tes yang dilakukan dalam mata pelajaran tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Pembahasan bersifat teoritis dan praktis dengan disertai analisis berdasarkan data yang diperoleh. Sampel penelitian berjumlah 40 siswa, dan penelitian dilaksanakan di MA Raudlatut Thalabah, Ngadiluwih, Kediri. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh temuan sebagai berikut:Tingkat kemampuan rekognisi huruf hijaiyah siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an dan Hadis tergolong dalam kategori sedang, dengan persentase sebesar 35%.Hasil analisis rekognisi siswa terhadap huruf hijaiyah melalui tes dibagi menjadi tiga kategori, yaitu rendah, sedang, dan tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 203 Praktik keagamaan lainnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: lulu dwiyanti
Date Deposited: 14 May 2025 04:07
Last Modified: 14 May 2025 04:07
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2522

Actions (login required)

View Item View Item