Strategi guru PAI dalam meningkatkan kondusifitas siswa di SMK PGRI 2 kota Kediri

Azizah, Rina Nurul (2024) Strategi guru PAI dalam meningkatkan kondusifitas siswa di SMK PGRI 2 kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti.

[img] Text
Cover.pdf

Download (103kB)
[img] Text
pernyataan keaslian tulisan .pdf

Download (107kB)
[img] Text
persetujuan pembimbing.pdf

Download (89kB)
[img] Text
pengesahan skripsi.pdf

Download (144kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (187kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (104kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (608kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (612kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (545kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (706kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (498kB)
[img] Text
DARTAR PUSTAKA.pdf

Download (520kB)

Abstract

Pembelajaran adalah suatu upaya yang dilakukan oleh seorang guru atau pendidik untuk mengajar peserta didik. Kata pembelajaran juga dapat diartikan sebagai suatu kombinasi yang terstruktur, meliputi unsur-unsur manusia, materi, fasilitas, perlengkapan, dan prosedur yang saling mempengaruhi untuk mencapai tujuan pembelajaran. Selain didukung oleh kinerja guru, faktor lain yang berperan adalah sarana dan prasarana serta lingkungan. Namun, yang paling penting adalah bagaimana peserta didik dapat menerima dan menguasai pembelajaran PAI. Melihat peserta didik yang masih kurang semangat dan kurang tertarik dengan pembelajaran PAI, banyak peserta didik yang bermalas-malasan dalam mengikuti pelajaran ini. Mereka hanya menyukai waktu berangkat sekolah, istirahat, dan pulang sekolah, tanpa menyukai saat jam pelajaran. Selain itu, pembelajaran PAI di sekolah seringkali masih menggunakan metode ceramah dan kurang adanya pendekatan antara peserta didik dan guru sehingga membuat peserta didik merasa jenuh, dan sibuk mengobrol dengan teman sebangkunya dan banyak yang tidak memperhatikan guru selama proses pembelajaran. Hal ini menjadi alasan diterapkannya srtategi guru dalam mengkondusifkan siswa di kelas pada mata pelajaran PAI. Berdasarkan permasalahan tersebut, pertanyaan penelitian ini adalah bagaimana penerapan strategi pembelajaran PAI di SMK PGRI 2 Kota Kediri dan bagaimana metode dan pendekatan yang diterapkan oleh guru PAI dalam meningkatkan kondusifitas siswa di SMK PGRI 2 Kota Kediri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi guru dalam mengkondusifkan siswa pada mata pelajaran PAI di SMK PGRI 2 Kota Kediri dan mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat guru PAI dalam mengkondusifkan siswa di SMK PGRI 2 Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah satu Guru PAI, waka kurikulum, dan satu peserta didik. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah strategi guru PAI dalam meningkatkan kondusifitas siswa di SMK PGRI 2 Kota Kediri. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Melalui strategi guru PAI dalam mengkondusifkan siswa, dapat disimpulkan bahwa strategi guru dalam mengkondusifkan siswa saat pelajaran PAI di SMK PGRI 2 Kota Kediri sudah lumayan membaik. Hal ini terlihat dari tahap perencanaan yang meliputi pembuatan modul ajar, program tahunan, program semester, dan rencana pelaksanaan pembelajaran, serta penyediaan fasilitas pembelajaran. Dengan diadakannya kerja kelompok dalam pembelajaran PAI di kelas, siswa dapat belajar dengan senang dan nyaman sehingga tercipta suasana kelas yang kondusif. Meskipun masih belum maksimal karena masih ada kendala-kendala yang di alami oleh guru maupun peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Keguruan > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mahasiswa 2023 uit
Date Deposited: 19 Aug 2025 03:07
Last Modified: 19 Aug 2025 03:07
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2518

Actions (login required)

View Item View Item