Efektivitas Metode Kolaboratif untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik pada Mata Pelajaran PAI di SMK Al-Mahrusiyah

Diyah, Setiyaningsih (2024) Efektivitas Metode Kolaboratif untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik pada Mata Pelajaran PAI di SMK Al-Mahrusiyah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri.

[img] Text
COVER.pdf

Download (498kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (269kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (387kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (369kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (249kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (207kB)

Abstract

Metode kolaboratif adalah bekerja sama secara keseluruhan. Metode kolaboratif atau Cross Training adalah pembelajaran selalu diikuti dengan diskusi, sharing, debat dengan pendapat yang kondusif dan memperkaya wawasan, siswa bekerja dalam kelompok untuk saling membantu untuk memecahkan masalah�masalah yang kompleks. Jadi hakikatnya sosial dan penggunaaan kelompok yang sejawat menjadi aspek utama dalam pembelajaran kolaboratif. Metode kolaboratif ini memberi siswa tanggung jawab untuk mempelajari materi pembelajaran dan menjabarkan isinya dalam sebuah kelompok tanpa campur tangan guru. Guru hanya sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran itu sendiri. Untuk mencapai suatu tujuan pendidikan perlu dilakukan usaha-usaha yang disengaja dan berencana dalam memilih isi (materi), strategi kegiatan, teknik penilaian dan model pembelajaran. Segala upaya yang dilakukan oleh pendidik agar terjadinya proses belajar pada diri peserta didik. Secara implisit di dalam xiv pembelajaran ada kegiatan memilih, menetapkan dan mengembangkan metode atau model untuk mencapai hasil pembelajaran yang diinginkan. Dalam pembahasan ini peneliti ingin lebih mengetahui seberapa keberhasilan pemahaman peserta didik di sekolah tersebut khususnya pada pembelajaran PAI dengan menggunakan metode kolaboratif pada pembelajaran PAI, dengan judul “efektivitas metode kolaboratif untuk meningkatkan pemahaman peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMK Al-Mahrusiyah” Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian eksperimen. Jenis eksperimen yang digunakan adalah Quasy Eksperimen Design yaitu desain ini memiliki kelompok kontrol tetapi tidak berfungsi sepenuhnya untuk mengontrol variabel-variabel luar yang mempengaruhi pelaksanaan eksperimen. kesimpulan hasil penelitiannya, bahwa efektifitas metode kolaboratif untuk meningkatkan peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan agama islam di SMK Al-Mahrusiyah masuk ke dalam kategori sedang

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Lulusan 2024-UIT
Date Deposited: 22 May 2025 04:26
Last Modified: 22 May 2025 04:26
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2503

Actions (login required)

View Item View Item