NISAK, MUHIBBATUN (2024) PENGEMBANGAN SIKAP KEMANDIRIAN MELALUI METODE PEMBIASAAN PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK KUSUMA MULIA NAMBAAN NGASEM. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri.
![]() |
Text
COVER-1-13.pdf Download (255kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (279kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (296kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (254kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (290kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (248kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (280kB) |
Abstract
Kemandirian menjadi salah satu aspek penting ranah perkembangan anak usia dini. Kemandirian berkaitan dengan kemampuan dan ketrampilan anak dalam mengurus diri sendiri.. Menanamkan nilai kemandiran pada anak usia dini menjadi salah satu prioritas tujuan pendidikan karena sebagai peletak dasar karakter anak nantinya. Rendahnya kemandirian pada anak usia dini merupakan kendala bagi anak untuk mengikuti pendidikan yang lebih tinggi. Kenyataan yang di hadapi anak usia 4-5 tahun di TK Kusuma Mulia Nambaan yaitu anak selalu meminta pertimbangan pada guru pendidik seperti jika ingin melakukan sesuatu maka mereka akan meminta pendapat dan atau bantuan dari guru atau orang tua. Anak sering terpengaruh pada orang tua, guru dalam memutuskan suatu pilihan Dari uraian diatas maka fokus penelitian dapat di rumuskan (1) Bagaimana pengembangan kemandirian anak usia 4-5 tahun TK. Kusuma Mulia Nambaan Ngasem? (2) Apakah metode pembiasaan dapat mengembangkan sikap kemandirian anak usia 4-5 tahun di TK Kusuma Mulia Nambaan Ngasem? Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data di lakukan dengan tiga cara yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian yaitu: (1) Pengembangan sikap kemandirian melalui metode pembiasaan pada anak usia 4-5 tahun di TK Kusuma Mulia Nambaan dengan indikator yang di tetapkan dapat berkembang sesuai harapan. (2) Implementasi pembiasaan yang dilakukan melalui kegiatan rutin, spontan dan keteladanan berhasil membentuk dan meningkatkan sikap kemandirian anak
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah & Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) |
Depositing User: | Mahasiswa 2023 uit |
Date Deposited: | 19 Aug 2025 02:38 |
Last Modified: | 19 Aug 2025 02:38 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2342 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |