Mike, Wulandari (2024) Strategi Guru Dalam Mengimplementasikan Konsep Matematika Pada Anak Usia Dini Di Paud Ar-Rahman Dermo Mojoroto Kediri. Undergraduate (S1) thesis, UIT.
![]() |
Text
Permulaan Bab.pdf Download (987kB) |
![]() |
Text
Bab 1.pdf Download (413kB) |
![]() |
Text
Bab 2.pdf Download (379kB) |
![]() |
Text
Bab 3.pdf Download (548kB) |
![]() |
Text
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (539kB) |
![]() |
Text
Bab 5.pdf Download (393kB) |
Abstract
Pendidikan Anak Usia Dini adalah masa yang sangat strategis untuk mengenalkan berbagai bidang ilmu diantaranya konsep matematika, yang sesuai dengan kebutuhan dan tugas perkembangan serta cara berfikir anak Pembelajaran matematika merupakan konsep yang penting bagi anak usia dini. Hal ini dikarenakan dalam kehidupan sehari-hari anak akan sering bersentuhan dengan matematika. Pembelajaran konsep matematika pada anak usia dini pada kenyataannya banyak sebagian anak yang hanya mampu menghafal dan menyebutkan angka secara urut dengan benar, akan tetapi kebanyakan dari mereka belum hafal dan faham bentuk angka yang mereka ucapkan. Untuk itu diperlukan strategi guru dalam mengimplementasikan konsep matematika anak asia dini yang dilakukan dengan cara semenarik mungkin agar anak mampu memahami dengan cepat memahami pembelajaran yang disampaikan Dari uraian tersebut di atas, yang menjadi fokus penelitian adalah sebagai berikut: (1) Bagaimana strategi guru dalam mengimplementasikan konsep matematika pada Pendidikan Anak Usia Dini? (2) Apa kelebihan dan kelemahan metode yang digunakan oleh guru dalam mengimplementasikan konsep matematika pada Pendidikan Anak Usia Dini? Metode penelitian terdiri atas Jenis dan pendekatan penelitian, kehadiran peneliti, lokasi penelitian, sumber data, prosedur pengumpulan data, analisi data, pengecekkan keabsahan data, dan tahap-tahap penelitian Hasil penelitian yaitu: (1) Pengenalan konsep matematika pada anak Paud dapat dilakukan dengan menggunakan konsep-konsep pembelajaran yang beragam, antara lain mengembangkan konsep angka, mengembangkan pola konsep angka dan hubungan, mengembangkan konsep geometri, konsep pengukuran dan konsep pengumpulan pengaturan dan tampilan data (2) Strategi guru dalam mengimplementasikan konsep matemanka pada anak Paud dapat dilakukan dengan menggunakan metode Montessori agar memudahkan anak memahami pembelajaran yang diajarkan, selain itu garu juga bisa menggunakan media ajar seperti kincir pintar untuk memudahkan anak agar lebih cepat mengenal bilangan dengan benar. (3) Penyampaian strategi montesori selain mempermudah anak meneruna materi pembelajaran juga mempunyai kelemahan yaitu karena bertitik pada bermain sambil belajar membuat anak kurang fokus dalam pembelajaran karena mereka hanyut dalam proses permainan saja sehingga tujuan pembelajaran tidak tercapai secara maksimal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) |
Depositing User: | Mahasiswa 2023 uit |
Date Deposited: | 17 Jun 2025 02:44 |
Last Modified: | 17 Jun 2025 02:44 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2299 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |