Peran Sekolah Sebagai Supervisor dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru PAI di MTs Fajrul Islam Jakarta

Abdillah, Humaidi Arya (2024) Peran Sekolah Sebagai Supervisor dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru PAI di MTs Fajrul Islam Jakarta. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri.

[img] Text
COVER DLL.pdf

Download (697kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (238kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (284kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (374kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (324kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (185kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (217kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Keberhasilan suatu lembaga pendidikan sangat tergantung pada kepala sekolah, karena kepala sekolah mempunyai peranan yang sangat penting dalam segala hal untuk mewujudkan visi dan misi dari lembaga pendidikan yang dipegangnya. Dalam kedudukannya sebagai supervisor kepala sekolah bertugas melakukan berbagai pengawasan dan pengendalian untuk membimbing para guru dalam menentukan pelajaran yang dapat meningkatkan potensi siswa, metode yang akan digunakan dalam proses belajar mengajar, mengadakan rapat dewan guru, dan mengadakan kunjungan kelas. Kompetensi pedagogik adalah pemahaman guru mengenai peserta didik serta pengelolaan atau pemanajemenan pembelajaran yang berguna untuk mengetahui karakteristik peserta didik sehingga bisa mengetahui apa yang dibutuhkan dan diperlukan oleh peserta didik. Dari uraian diatas maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut: (1) Bagaimana peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru PAI di MTs Fajrul Islam Jakarta ? (2) Bagaimana teknik-teknik kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru PAI di MTs Fajrul Islam Jakarta ?. Metode yang digunakan dalam peneliian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis pendekatan lapangan (field research). Penelitian ini dilakukan di MTs Fajrul Islam Jakarta, dengan 2 informan yakni kepala sekolah dan guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik reduksi data, dilanjutkan dengan penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu (1) Peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru PAI di MTs Fajrul Islam Jakarta dapat dikatakan baik. Peran kepala sekolah sebagai supervisor yaitu dalam kegiatan supervisi akademik adalah menjadi koordinator, konsultan, pemimpin kelompok, evaluator yang dapat mengembangkan kompetensi pedagogik guru untuk mencapai kualitas pembelajaran yang lebih baik lagi. (2) Teknik supervisi yang dilaksanakan kepala sekolah MTs Fajrul Islam yaitu: kunjungan kelas, pertemuan pribadi, rapat dewan guru/staf, kujungan antar kelas, dan Pertemuan dalam kelompok kerja guru/MGMP.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mahasiswa 2023 uit
Date Deposited: 20 May 2025 05:03
Last Modified: 20 May 2025 05:03
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2281

Actions (login required)

View Item View Item