Strategi Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif Dan Menyenangkan (Paikem) Pada Pelajaran Fikih Di Mts Negeri 9 Kediri

asrul tsani, muhammad ihda (2024) Strategi Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif Dan Menyenangkan (Paikem) Pada Pelajaran Fikih Di Mts Negeri 9 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri.

[img] Text
ASRUL AWAL.pdf

Download (430kB)
[img] Text
ASRUL BAB I.pdf

Download (350kB)
[img] Text
ASRUL BAB II.pdf

Download (225kB)
[img] Text
ASRUL BAB III.pdf

Download (223kB)
[img] Text
ASRUL BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB)
[img] Text
ASRUL BAB V.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tsani Asrul Ihda Muhammad. 2024: Strategi Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif Dan Menyenangkan (Paikem) Pada Pelajaran Fikih Di Mts Negeri 9 Kediri, Dosen Pembimbing, M. Arif Khoiruddin, S.Sos.I., M.Pd.I Kata Kunci: Strategi PAIKEM, Mata Pelajaran Fiqih Pembelajaran adalah suatu upaya yang dilakukan oleh seorang guru atau pendidik untuk mengajar peserta didik. Kata pembelajaran juga dapat diartikan sebagai suatu kombinasi yang terstruktur, meliputi unsur-unsur manusia, materi, fasilitas, perlengkapan, dan prosedur yang saling mempengaruhi untuk mencapai tujuan pembelajaran. Selain didukung oleh kinerja guru, faktor lain yang berperan adalah sarana dan prasarana serta lingkungan. Namun, yang paling penting adalah bagaimana peserta didik dapat menerima dan menguasai fiqih. Melihat peserta didik yang masih kurang semangat dalam pembelajaran fiqih, banyak peserta didik yang bermalas-malasan dalam mengikuti pelajaran ini. Mereka hanya menyukai waktu berangkat sekolah, istirahat, dan pulang sekolah, tanpa menyukai saat jam pelajaran. Selain itu, pembelajaran fiqih di sekolah seringkali masih menggunakan metode ceramah yang membuat peserta didik merasa jenuh, dan banyak yang tidak memperhatikan guru selama proses pembelajaran. Hal ini menjadi alasan diterapkannya srtategi PAIKEM pada mata pelajaran fiqih. Berdasarkan permasalahan tersebut, pertanyaan penelitian ini adalah bagaimana penerapan strategi PAIKEM pada mata pelajaran fiqih dan bagaimana evaluasi pada mata pelajaran fiqih di MTs Negeri 9 Kediri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi PAIKEM pada mata pelajaran fiqih dan evaluasi strategi PAIKEM pada mata pelajaran fiqih di MTs Negeri 9 Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah satu Guru Fiqih, waka kurikulum, satu peserta didik dan kepala skolah, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi PAIKEM pada mata pelajaran fiqih di MTs Negeri 9 Kediri. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Melalui penerapan strategi PAIKEM pada mata pelajaran fiqih, dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi PAIKEM di MTs Negeri 9 Kediri sudah sepenuhnya sesuai dengan langkah-langkah strategi PAIKEM. Hal ini terlihat dari tahap perencanaan yang meliputi pembuatan modul ajar, program tahunan, program semester, dan rencana pelaksanaan pembelajaran, serta penyediaan fasilitas pembelajaran. Pada tahap pelaksanaan, guru fiqih telah mengikuti prinsip-prinsip strategi PAIKEM dengan langkah-langkah seperti pemberian motivasi, pesan positif, dan pembagian kelompok. Meskipun masih belum maksimal karena masih ada kendala-kendala yang di alami oleh guru maupun peserta didik Evaluasi yang dilakukan oleh guru menggunakan berbagai cara yang kreatif pada mata pelajaran fiqih di MTs Negeri 9 Kediri.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mahasiswa 2023 uit
Date Deposited: 14 May 2025 03:53
Last Modified: 14 May 2025 03:53
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2236

Actions (login required)

View Item View Item