PENGARUH MANAJEMEN SEKOLAH BERBASIS DIGITAL TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA DI MI PLUS DARUSSAADAH LIRBOYO KEDIRI

Azzahro', Afriyani Mabruka (2024) PENGARUH MANAJEMEN SEKOLAH BERBASIS DIGITAL TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA DI MI PLUS DARUSSAADAH LIRBOYO KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (269kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (278kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (249kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (98kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (189kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (679kB)

Abstract

AZZAHRO’, AFRIYANI MABRUKA. 2024: Pengaruh Manajemen Sekolah Berbasis Digital Terhadap Tingkat Kepuasan Pengguna Di MI Plus Darussa’adah Lirboyo Kediri. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Tarbiyah dan Ilmu keguruan, UIT Lirboyo Kediri, Dosen Pembimbing Dr.H.Badrus,M.Pd.I.Kata Kunci: Manajemen Sekolah Berbasis Digital, Tingkat Kepuasan Pengguna Penggunaan IT di lembaga pendidikan merupakan hal yang selalu menjadi fokus utama dalam membawa perubahan, namun tidak menutup kemungkinan akan memunculkan masalah pendidikan yang lain. Mengacu pada lokasi penelitian yakni MI Plus Darussaadah Lirboyo, ditemukan sebuah inovasi baru yang memunculkan sebuah perubahan yang signifikan. Alur realita yang didapat, sekolah ini menjadi bermutu dalam segala aspek baik itu guru, siswa, maupun civitas academic yang lain terlebih melihat mayoritas civitas academic yang ada merupakan lulusan pondok pesantren. Rata-rata hal yang sangat menonjol dari pondok pesantren adalah tentang pendidikan agamanya dan jarang sekali mempelajari bahkan menerapkan penggunaan teknologi digital. Dengan adanya sistem manajemen sekolah yang efektif memberikan suatu pengembangan sistem yang mudah digunakan dan dapat membantu dalam mengatur penyelenggaraan kegiatan di sekolah. Tujuan dari adanya manajemen sekolah berbasis digital adalah memudahkan dalam pengelolaan administrasi sekolah, termasuk jadwal pelajaran, absensi, pengelolaan nilai dan masih banyak lagi. Dari uraian di atas, maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut (1) Bagaimana persepsi staf, guru, dan orang tua terhadap implementasi manajemen sekolah berbasis digital? (2) Apakah terdapat pengaruh antara manajemen berbasis digital terhadap tingkat kepuasan pengguna di MI Plus Darussaadah Lirboyo Kediri? Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Adapun pembahasannya bersifat teoritis dan empirik disertai dengan memberikan analisa sesuai dengan yang ada. Dengan jumlah sampel 84 orang dan pelaksanaan penelitian ini di MI Plus Darussaadah Lirboyo Kota Kediri, pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan penyebaran angket. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana dengan menggunakan bantuan program SPSS for windows. Hasil penelitian; yaitu Persepsi dari masing-masing pengguna memberikan respon yang cukup baik serta mendukung terlaksananya manajemen sekolah berbasis digital. Selain efektif dan efisien, penerapannya memberikan sebuah kesan yang memuaskan walaupun masih terdapat beberapa kendala salah satunya adalah potensi dari SDM yang ada. dari hasil analisa yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara manajemen berbasis digital terhadap tingkat kepuasan pengguna di MI Plus Darussaadah Lirboyo dengan prosentase 50,1% dan selebihnya yakni 49,9% dipengaruhi oleh faktor lain. Artinya, apabila sekolah atau madrasah menerapkan manajemen sekolah berbasis digital mampu meningkatkan tingkat kepuasan pengguna di MI Plus Darussaadah Lirboyo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 379 Masalah kebijakan publik dalam pendidikan; peraturan-peraturan pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI (PGMI)
Depositing User: Mahasiswa 2023 uit
Date Deposited: 14 May 2025 03:31
Last Modified: 14 May 2025 03:31
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2214

Actions (login required)

View Item View Item