Strategi Guru Al-Qur`An Hadits dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Al-Qur`An di MI PSM Kepuhrejo

Satiti, Junaidah (2024) Strategi Guru Al-Qur`An Hadits dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Al-Qur`An di MI PSM Kepuhrejo. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri.

[img] Text
COVER _watermark.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1 _watermark_3.pdf

Download (965kB)
[img] Text
BAB 2 _watermark.pdf

Download (711kB)
[img] Text
BAB 3 _watermark.pdf
Restricted to Registered users only

Download (768kB)
[img] Text
BAB 4 _watermark.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5 _watermark.pdf

Download (299kB)
[img] Text
Daftar Pustaka _watermark.pdf

Download (503kB)
[img] Text
Lampiran .pdf

Download (2MB)

Abstract

Membaca Al-Qur`an merupakan kewajiban bagi setiap umat islam, oleh karena itu pemahaman dalam belajar membaca Al-Qur`an sangat baik di kenalkan sejak usia dini, begitupun mempelajari Al-Qur`an di tingkat madrasah ibtidaiyah tentunya melibatkan guru dan siswa dalam mempelajarinya dengan baik dan benar. Akan tetapi pembelajaran yang sudah di laksanakan belum memberikan pemahaman yang mendalam bagi siswa, sehingga mereka mengalami kesulitan dalam belajar membaca Al-Qur`an. Dari uraian diatas fokus penelitiannya sebagai berikut yaitu : (1) Bagaimana kesulitan yang dialami siswa dalam belajar membaca Al- Qur`an kelas MI PSM Kepuhrejo (2) Bagaimana strategi guru Al-Qur`an Hadits dalam mengatasi kesulitan belajar membaca Al-Qur`an di MI PSM Kepuhrejo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif diskriptif yaitu menjelaskan apa yang ada di lokasi penelitian secara rinci. Pengambilan data yang dilakukan menggunakan tiga macam cara yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah : (a) Bentuk kesulitan belajar membaca Al-Qur`an diantaranya adalah : Kesulitan mengenal dan melafalkan huruf hijaiyah dengan fasih, kesulitan dalam mengenal huruf bersambung, dan menerapkan ilmu tajwid. (b) Adapun faktor penyebab kesulitan belajar membaca Al-Qur`an adalah : Faktor internal dari siswa itu sendiri diantaranya kurangnya kesadaran dan motivasi pada diri siswa sehingga menjadi malas dalm belajar membaca Al-Qur`an..Sedangkan faktor eksternal yaitu : faktor keluarga, suasana lingkungan,dan faktor sekolah. (c) Strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca Al-Qur`an yaitu : memberikan motivasi belajar membaca Al-Qur`an pada siswa, melakukan pendekatanindividu, serta adanya kelas mengaji, dengan metode praktik,

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 304 Faktor yang mempengaruhi perilaku sosial
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI (PGMI)
Depositing User: Mahasiswa 2023 uit
Date Deposited: 09 Jun 2025 04:11
Last Modified: 09 Jun 2025 04:11
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2186

Actions (login required)

View Item View Item