STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DI SMP ISLAM KEPUNG

Rifqi, Aziz (2023) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DI SMP ISLAM KEPUNG. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM TRIBAKTI LIRBOYO KEDIRI.

[img] Text
cover.pdf

Download (604kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (597kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (634kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (380kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (753kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (329kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (377kB)

Abstract

ABSTRAK AZIZ, MOHAMMAD RIFQI. 2023: Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-qur’an di SMP Islam Kepung, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, UIT Kediri, Dosen Pembimbing Ahmad Masrukhin, M.Pd. Kata Kunci: Strategi, Guru Pai, Kemampuan membaca Al-qur’an Al-Qur’an adalah kalam Allah yang tiada tandingnya dan wahyu yang diturunkan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara Malaikat Jibril dengan bahasa Arab, sebagai mukjizat Nabi Muhammad SAW. Membaca Al-Qur’an dicatat sebagai amal ibadah, kemampuan dalam membaca Al-Qur’an sangatlah penting, karena untuk bisa memahami isi kandungan dan manfaat dari Al-Qur’an yang pertama harus bisa membacanya. Kemampuan membaca Al-Qur’an siswa SMP Islam Kepung masih rendah. Banyak peserta didik yang belum mampu membaca Al-Qur’an, masih banyak yang belum lancar dalam membacanya. Seperti belum mampu membedakan dan melafalkan mahrajatul huruf. Kurangnya dalam mengenal tajwid pada bacaan Al-Qur’an. Dari uraian diatas, maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut (1) Bagaimana strategi yang digunakan guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-qur’an siswa di SMP Islam Kepung? (2) Bagaimana hasil dari penerapan strategi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-qur’an? (3) Bagaimana dampak dan pengaruh strategi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-qur’an? Penelitian ini merupakan kualitatif deskriptif, subjek dalam penelitian ini adalah guru pai, kepala sekolah dan siswa, dalam penggalian data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, Teknik analisis data model Miles dan Huberman yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), penarikan kesimpulan (verification). Hasil penelitian, yaitu: (1) Strategi yang digunakan guru pai dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-qur’an yaitu, mengelompokkan sisiwa sesuai kemampuan, pembiasaan membaca Al-qur’an sebelum pelajaran, metode Nahdiyah dalam pembelajaran, pemberian hafalan surat-surat pendek. (2) Hasil dari strategi yang digunakan sangat baik dan berhasil dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-qur’an siswa secara perlahan. (3) Dampak dari strategi yang digunakan sangat baik dan mudah diterima oleh siswa dan berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-qur’an siswa dan dalam pembiasaan mengaji sebelum pelajaran berpengaruh terhadap siswa dalam kebiasan sehari-hari dirumah mereka dan pemberian hafalan membantu siswa dalam bacaan sholat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mohammad Rifqi
Date Deposited: 12 Aug 2024 03:14
Last Modified: 12 Aug 2024 03:14
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1887

Actions (login required)

View Item View Item