IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK PADA SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH MATHLA’UL ANWAR BAROS CIBADAK

Abrori, Abrori (2023) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK PADA SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH MATHLA’UL ANWAR BAROS CIBADAK. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo.

[img] Text
cover.pdf

Download (499kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (701kB)
[img] Text
bab 2.pdf

Download (266kB)
[img] Text
bab 3.pdf

Download (266kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (623kB)
[img] Text
bab 5.pdf

Download (288kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (192kB)

Abstract

ABSTRAK Nama: Abrori, NPM. 190109620, Judul Skripsi: Implementasi Pembelajaran Aqidah Akhlak Pada Siswa di Madrasah Tsanawiyah Mathla’ul Anwar Baros Cibadak. dibimbing oleh Siti Wahyuni M.Pd.I Kata Kunci: Pembelajaran Aqidah Akhlak, Siswa Penelitian ini dilaksanakan di MTS Mathla’ul Anwar Baros Cibadak Lebak yang berlangsung selama 2 bulan mulai dari awal maret sampai dengan april. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran Aqidah Akhlak di MTS Mathla’ul Anwar Baros Kecamatan Cibadak Kabupaten Lebak. Fokus penelitian adalah 1) Bagaimana implementasi pembelajaran aqidah akhlak pada siswa di Madrasah Tsanawiyah Mathla’ul Anwar Baros Cibadak?, 2) bagaimana hasil implementasi pembelajaran aqidah akhlak pada siswa di Madrasah Tsanawiyah Mathla’ul Anwar Baros Cibadak?. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Metode Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini yaitu: Kepala Madrasah, Guru Aqidah Akhlak dan Siswa di MTS Mathla’ul Anwar Baros Kecamatan Cibadak Kabupaten Lebak. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti bahwa implementasi pembelajaran aqidah akhlak di MTS Mathla’ul Anwar Baros Kecamatan Cibadak Kabupaten Lebak telah terlaksana dengan baik. Karena lingkungan madrasah yang cukup kondusif dan didukung oleh sarana dan prasarana serta visi dan misi juga aturan yang ada di madrasah. Adapun prilaku beberapa siswa yang belum mengimplementasikan pembelajaran aqidah akhlak itu tergantung dari individu siswa itu sendiri dalam memahami pembelajaran aqidah akhlak dan faktor eksternal dalam lingkunganya. Metode yang digunakan dalam pembelajaran aqidah akhlak yaitu metode ceramah, diskusi dan Tanya jawab. Dari hasil wawancara dengan guru aqidah akhlak bahwa siswa begitu antusias dalam mengikuti pembelajaran aqidah akhlak ini sehingga para siswa mampu mengimplementasikan pembelajaran aqidah akhlak ini dalam keseharian mereka baik dalam lingkungan sekolah maupun di luar lingkungan sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 205 Etika keagamaan, etika agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Santoso Santoso
Date Deposited: 05 Aug 2024 05:01
Last Modified: 05 Aug 2024 05:01
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1789

Actions (login required)

View Item View Item