UBAID ATHOILLAH, MOH (2023) IMPLEMENTASI METODE TANYA JAWAB MATA PELAJARAN NAHWU DI KELAS ULYA 3 MADRASAH DINIYAH HIDAYATUS SHOLIHIN TURUS GURAH KEDIRI JAWA TIMUR. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo.
Text
COVER DKK.pdf Download (758kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (731kB) |
|
Text
BAB II (1).pdf Download (684kB) |
|
Text
BAB III (1).pdf Download (623kB) |
|
Text
BAB IV (1).pdf Download (788kB) |
|
Text
BAB V (1).pdf Download (452kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf Download (187kB) |
|
Text
lampiran.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK MOH. UBAID ATHOILLAH. 2023: Implementasi Metode Tanya Jawab Mata Pelajaran Nahwu di Kelas Ulya 3 Madrasah Diniyah Hidayatus Sholihin Turus Gurah Kediri Jawa Timur, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, UIT Kediri, Guru Pembimbing Drs. H. Muslimin M.Pd. Kata Kunci: Nahwu, Metode Tanya Jawab Sebagai tempat menimba ilmu, sekolah tidak hanya berfungsi mengembangkan kecerdasan anak tetapi juga mengembangkan kepribadian. Dalam mengembangkan kepribadian siswa/siswi sekolah menyediakan suatu materi pembelajaran yaitu Pendidikan Agama Islam. Dalam pendidikan agama islam salah satu caranya harus bisa memahami agama islam yang bersumber dari Al- Qur’an dan Hadits, dan juga harus belajar susunan bahasa arab. Karena tanpa adanya hal tersebut, tata bahasa akan jadi berantakan., dan ilmu yang bisa memperbaiki tata bahasa salah satunya adalah dengan menggunakan ilmu Nahwu. Untuk memahamkan siswa-siswi ilmu Nahwu kita bisa menggunakan berbagai macam metode, diantaranya dengan menggunakan Metode Tanya Jawab. Dari uraian di atas, maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut (1) Bagaimana Penerapan Metode Tanya Jawab disiswa Ulya 3 Madrasah Diniyah Hidayatus Sholihin Turus Gurah Kediri? (2) Bagaimana hasil yang akan diteliti pada siswa Ulya 3 Madrasah Diniyah Hidayatus SholihinTurus Gurah Kediri? (3) Bagaimana dampak penerapan metode Tanya Jawab pada mata pelajaran Nahwu di kelas Ulya 3 Madrasah Diniyah Hidayatus Sholihin Turus Gurah Kediri? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Ada pun pembahasannya adalah bagaimana seseorang atau sekelompok guru dapat mengorganisasikan kondisi praktik pembelajaran mereka, dan belajar dari pengalaman mereka sendiri. Dengan jumlah sampel 13 siswa dan pelaksanaan penelitian ini di Madrasah Diniyah Hidayatus Sholihin Turus Gurah Kediri, pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan angket. Sedangkan teknik analisis data menggunakan rumus Kendall Tau dengan menggunakan bantuan kompurter Program SPSS for Windows. Hasil penelitian, yaitu: (1) Penerapan metode Tanya Jawab sangat efektif dan perlu dikembangkan lagi. Terutama pada mata pelajaran Nahwu, yang sangat perlu digunakan untuk mengasah kemampuan siswa. (2) Hasil belajar siswa kelas Ulya 3 Madrasah Diniyah Hidayatus Sholihin Turus Gurah Kediri mengalami peningkatan melalui penggunaan metode Tanya jawab dalam proses pembelajaran. Hal ini dilihat dari observasi kondisi awal atau penelitian I dimana hasil siswa tergolong kedalam kriteria Kurang Baik dengan nilai rata-rata 60.38. Kemudian pada penelitian II mengalami peningkatan dengan nilai pada kategori Cukup, yaitu dengan nilai rata-rata 71.53. Kemudian pada penelitian terakhir kami atau penelitian III kembali mengalami peningkatan yang cukup signifikan dengan nilai dalam kategori Baik, dengan nilai rata-rata 81,15. (3) Terdapat hubungan yang saling merespon antara Guru dengan Siswa, kemudian guru dapat mengetahui kemampuan siswanya satu persatu, karena bentuknya face to face atau berhadapan langsung dengan guru yang mengajarnya. Kemudian dengan diterapkannya metode Tanya Jawab, akan membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 203 Praktik keagamaan lainnya |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Santoso Santoso |
Date Deposited: | 05 Aug 2024 03:57 |
Last Modified: | 05 Aug 2024 03:57 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1720 |
Actions (login required)
View Item |