Rojana, Asna Amalia (2023) Penerapan Pembelajaran Kitab Khulashoh Nurul Yaqin Untuk Mewujudkan Karakter Peduli Sosial Di Madrasah Hidayatul Mubtadi-aat FitTahfizhi Wal Qiro-at Lirboyo Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.
Text
Cover.pdf Download (661kB) |
|
Text
Bab 1.pdf Download (212kB) |
|
Text
Bab 2.pdf Download (237kB) |
|
Text
Bab 3.pdf Download (176kB) |
|
Text
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (325kB) |
|
Text
Bab 5.pdf Download (22kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (124kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Download (1MB) |
Abstract
Kitab Khulashoh Nurul Yaqin diajarkan di Madrasah Hidayatul Mubtadi-aat Fit Tahfizhi Wal Qiro-at Lirboyo Kota Kediri sebagai kitab sejarah. Dalam kitab tersebut memuat banyak kisah yang bisa dijadikan sebagai acuan pembentukan karakter bagi siswi, salah satunya adalah karakter peduli sosial. Maka dari itu peneliti ingin mengetahui apakah para siswi sudah memiliki karakter yang sesuai dengan kitab Khulashoh Nurul Yaqin. Berdasarkan uraian di atas, maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut: (1) Bagaimana materi Kitab Khulashoh Nurul Yaqin di Madrasah Hidayatul Mubtadi-aat Fit Tahfizhi Wal Qiro-at Lirboyo Kediri? (2) Bagaimana penerapan pembelajaran Kitab Khulashoh Nurul Yaqin dalam mewujudkan karakter peduli sosial di Madrasah Hidayatul Mubtadi-aat Fit Tahfizhi Wal Qiro-at Lirboyo Kediri? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pendekatan kualitatif dapat menemukan hipotesis dan teori dengan cara mencocokkan antara realitas empiris dengan teori yang berlaku. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Hidayatul Mubtadi-aat Fit Tahfizhi Wal Qiro-at Lirboyo Kota Kediri. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan cara mewawancarai para pengajar. Analisis data dilakukan dengan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian, yaitu: (1) Proses penyampaian materi kitab Khulashoh Nurul Yaqin di MHMTQ merupakan upaya dari madrasah untuk memberikan wawasan terhadap para siswi tentang kehidupan manusia paling mulia yakni nabi Muhammad SAW yang patut untuk diteladani semua aspek kehidupan beliau agar tercipta manusia yang berkarakter dan berbudi pekerti yang luhur, menggunakan metode ceramah, diskusi dan tanya jawab. Pengajar juga memantau perilaku keseharian para siswi, sehingga pengajar mengetahui perkembangan karakter siswi. (2) Kebanyakan siswi masih belum bisa menerapkan karakter peduli sosial, sangat perlu adanya dukungan dari orang terdekat untuk mewujudkan karakter peduli sosial, belum bisa peduli terhadap orang lain dan lingkungan sekitar, meski mereka di nasehati, diarahkan dan dibimbing masih belum bisa menunjukkan pengaruh dari mempelajari kitab Khulasoh Nurul Yaqin,. Kata Kunci: Khulashoh Nurul Yaqin, Karakter Peduli Sosial.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Asna amali Amalia rojana Mustain |
Date Deposited: | 05 Aug 2024 04:09 |
Last Modified: | 05 Aug 2024 04:09 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1587 |
Actions (login required)
View Item |