Nisa’, Rizka Khoirun (2023) Pembentukan karakter religius bagi siswa melalui kegiatan organisasi dewan jamaah mushola di SMK PGRI 2 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti.
Text
1. Cover.docx Download (178kB) |
|
Text
6. Abstrak.docx Download (195kB) |
|
Text
7. Daftar Isi.docx Download (196kB) |
|
Text
8. BAB I.docx Download (203kB) |
|
Text
9. BAB II.docx Download (207kB) |
|
Text
10. BAB III.docx Download (206kB) |
|
Text
11. BAB IV.docx Restricted to Registered users only Download (228kB) |
|
Text
12. BAB V.docx Download (196kB) |
|
Text
13. Daftar Pustaka.docx Download (213kB) |
Abstract
Karakter religius merupakan sebuah hal yang seharusnya sudah dimiliki oleh seseorang terlebih pada anak remaja. Salah satu bagian penting dari pembentukan karakter religius adalah dari ibadahnya yang dilakukan setiap hari. Seperti halnya pada organisasi DJM (Dewan jamaah Mushola) merupakan organisasi yang bersifat keagamaan dan mempunyai beberapa progam yang berfungsi sebagai wadah untuk menyalurkan hobi, minat dan bakat siswa, serta membentuk karakter religius. Dari uraian diatas maka peneliti memfokuskan masalah penelitian sebagai berikut : 1). Bagaimana pembentukan karakter religius bagi siswa melalui progam kegiatan organisasi DJM di SMK PGRI 2 Kediri? 2). Bagaimana faktor penghambat dan faktor pendukung dalam pembentukan karakter religius bagi siswa melalui progam kegiatan DJM di SMK PGRI 2 Kediri? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Penelitian ini berusaha menggambarkan pembentukan karakter siswa melalui beberapa progam yang telah di susun oleh DJM. Temuan tersebut akan dianalisis yang di dasarkan pada teori teori yang telah di paparkan di Bab II. Berdasarkan hasil penelitian di dapatkan kesimpulan sebagai berikut: 1). Praktek pembentukan karakter religius bagi siswa melalui progam DJM di SMK PGRI 2 Kediri adalah terdapat tiga komponen dalam pembentukan karakter yaitu: Moral Knowing (pengetahuan moral). mengutamakan pengetahuan moral serta kecerdasan peserta didik dan kemampuan untuk mengevaluasi perilaku diri sendiri. terkandung dalam program kerja Dewan Jama'ah Mushola SMK PGRI Kediri yang digunakan sebagai praktik pembentukan karakter religius siswa Pertama, dimensi akidah melalui program jama'ah sholat dzuhur, progam istighosah, dan kajian kitab Mabadi' Fikih. Kedua, dimensi ibadah melalui program kajian kitab Mabadi' Fikih, Kajian kitab uyunul masa'il dan dialog islam. Ketiga, dimensi akhlak melalui program dialog islam. Moral Feeling pengembangan perasaan emosional peserta didik seperti pembentukan karakter peserta didik memiliki hati nurani berupa perasaan emosional untuk melaksanakan yang benar dan menjauhi tindakan yang salah. Moral Feeling muncul dari pembiasaan program sholat jama’ah dzuhur. Moral Action pembiasaan seperti membiasakan shalat berjama’ah dzuhur, membiasakan menjaga kebersihan, dan melakukan kebaikan dalam kehidupan sehari-hari. 2). Faktor pendukung pembentukan karakter religius siswa melalui DJM di SMK PGRI 2 adalah adanya kesesuaian antara nilai karakter religius yang hendak ditanamkan, mendapatkan dukungan dari guru-guru dan staf sekolah dan sarana prasana yang memadai serta antusiasme siswa yang mengikuti kegiatan DJM. Sementara faktor penghambatnya adalah, kurangnya kesadaran dari pengurus DJM dan waktu yang begitu padat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 206 Pemimpin dan organisasi keagamaan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | fadil ahmad |
Date Deposited: | 14 Nov 2023 04:23 |
Last Modified: | 18 Nov 2023 02:10 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1378 |
Actions (login required)
View Item |