Peran pengajar dalam menanamkan karakter religius dan disiplin siswa di Madrasah Diniyah HM Al Mahrusiyah Lirboyo Kota Kediri

Sholichin, Muhamad sopyan (2022) Peran pengajar dalam menanamkan karakter religius dan disiplin siswa di Madrasah Diniyah HM Al Mahrusiyah Lirboyo Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.

[img] Text
Cover dkk.pdf

Download (418kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (226kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (200kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92kB)

Abstract

Guru adalah figur seorang pemimpin. Guru adalah sosok arsitektur yang dapat mengubah jiwa dan kakater soerang siswa. Guru mempunyai kekuasaan untuk membentuk dan membangun kepribadian anak didik menjadi seseorang uang berguna bagi agama, negara, dan bangsa. Tugas guru sebagai suatu profesi menuntut kepada guru untuk mengembangkan profesionalitas diri sesui perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Karakter berasal dari nilai tentang sesuatu. Suatu nilai yang dapat diwujudkan dalam bentuk perilaku anak itulah yang disebut karakter. Karakter melekat dengan nilai dari perilaku tersbut. Dalam arti apa nilai dari suatu perilaku anak sulit dipahami oleh orang lain dari pada oleh dirinya sendiri. Dari hasil pengamatan awal di madrasah Diniyah HM Al Mahrusiyah Lirboyo Kota Kediri, bahwa banyak siswa yang masih kurang berkarakter. seperti kurangnya disiplin, kurangnya sopan santun siswa dalam pembelajaran, adanya siswa yang tidak memperhatikan guru menjelaskan pelajaran. Dari uraian di atas, dapat dirumuskan fokus penelitian sebagai berikut: (1) Bagaimana fungsi pengajar sebagai pembimbing dalam menanamkan karakter religius dan disiplin siswa di Madrasah Diniyah HM Al Mahrusiyah Lirboyo Kota Kediri. (2) Apakah faktor pendukung dan penghambat peran pengajar dalam menanamkan karakter religius dan disiplin siswa di Madrasah Diniyah HM Al Mahrusiyah Lirboyo Kota Kediri Dalam melakukan penelitian ini, peneliti menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif dengan mengadakan penelitian pada pihak-pihak terkaiit di madrasah diniyah hm al-mahrusiyah putra lirboyo kota Kediri, pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian: (1) fungsi pengajar sebagai pembimbing dalam menanamkan karakter religius dan disiplin pada siswa di Madrasah Diniyah HM Al-Mahrusiyah Putra lirboyo kota kediri dengan memberikan tauladan atau contoh yang nyata kepada siswa dan memberikan bimbingan yang baik kepada siswa seperti arahan dan nasehat ketika siswa melakukan pelanggaran di madrasah. (2) Faktor pendukung yaitu peran aktif dari seorang pengajar, kerja sama antar pengajar dan pengurus serta kesadaran dari dalam diri siswa itu sendiri. Sedangkan faktor penghambat yaitu latar belakang keluarga dan kelabilan dimasa remaja.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: S.Pd M. Syahrizal Niqie
Date Deposited: 05 Sep 2023 02:18
Last Modified: 05 Sep 2023 02:18
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1217

Actions (login required)

View Item View Item