STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK DALAM MENINGKATKAN MINAT ANGGOTA PADA PEMBIAYAAN MUDHARABAH (STUDI KASUS DI KSSU HARUM DHAHA KOTA KEDIRI)

Ainurrohmah, Siti (2023) STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK DALAM MENINGKATKAN MINAT ANGGOTA PADA PEMBIAYAAN MUDHARABAH (STUDI KASUS DI KSSU HARUM DHAHA KOTA KEDIRI). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo.

[img] Text
Skripsi A Cover-Abstrak.docx

Download (80kB)
[img] Text
Skripsi A BAB I.docx

Download (28kB)
[img] Text
Skripsi A BAB II.docx

Download (55kB)
[img] Text
Skripsi A BAB III.docx

Download (224kB)
[img] Text
Skripsi A BAB IV.docx
Restricted to Registered users only

Download (51kB)
[img] Text
Skripsi A BAB V.docx

Download (24kB)
[img] Text
Skripsi A Daftar Pustaka+Lampiran.docx

Download (291kB)

Abstract

AINUR ROHMAH, SITI. 2022 : Strategi Pengembangan Produk dalam Meningkatkan Minat Anggota pada Pembiayaan Mudharabah (Studi Kasus Di KSSU Harum Dhaha Kecamatan Mojoroto Kota Kediri), Perbankan Syari’ah (PS), Syari’ah, Institut Agama Islam Tribakti (IAIT) Kediri, Dosen Pembimbing Dr. KH. Reza Ahmad Zahid, Lc., Ma. Kata Kunci : Strategi, Meningkatkan Minat, Pembiayaan Mudharabah. Proses pengembangan produk menjadi lebih tersepealisasi dan dinamik serta perlu berubah ke arah yang lebih baik lagi. Produk yang dihasilkan oleh koperasi tersebut selalu bergerak ke arah dinamis untuk memuaskan kebutuhan anggota. Scara keseluruhan pengembangan produk pada Pembiayaan Mudharabah ini merupakan mesin inti pertumbuhan perusahaan. Pengembangan produk juga memerlukan strategi yang tepat bersama-sama dengan aspek pendukungnya, seperti manusia, budaya, dan inovasi yang berkelanjutan. Dari uraian diatas, maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut (1) Bagaimana formulasi strategi pengembangan produk pada pembiayaan mudharabah? (2) Bagaimana pelaksanaan strategi pengembangan produk pembiayaan mudharabah di KSSU Harum Dhaha Kediri? (3) Bagaimana evaluasi strategi pengembangan produk pada pembiayaan mudharabah? Dalam penelitian ini, penulis menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang bertujuan untuk memahami kasus yang terjadi dari objek yang diteliti. Dengan kata lain penelitian kualitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif yang berbentuk tulisan tentang orang atau kata-kata orang yang perilakunya yang tampak dan kelihatan. Hasil penelitian, yaitu (1) Salah satu produk yang ditawarkan di KSSU Harum Dhaha Kediri adalah pembiayaan Mudharabah. Banyak para anggota yang belum amat meminati pembiayaan tersebut. Akan tetapi dalam pengajuan pembiayaan tersebut tidak bisa langsung begitu saja melakukanya. Ada beberapa tahapan dalam pengajuan pembiayaan tersebut dan anggota harus mengikuti tahapan-tahapan pembiayaan tersebut. Dan peneliti sudah menuliskannya di atas tadi.(2) Dalam suatu lembaga syari’ah apapun baik bank maupun non-bank semua produk-produk yang ditawarkan oleh lembaga tersebut harus sesuai dengan prinsip-prinsip syari’ah agar terhindar dari keharaman/riba. Begitu pula produk pembiayaan mudharabah yang ditawarkan di KSSU Harum Dhaha Kediri yang sudah sesuai dengan prinsip-prinsip syari’ah. (3) Untuk RAT (Rapat Anggota Tahunan) sudah rutin dilakukan di setiap tahunnya. Pelaksanaannya maksimal dilakukan pada 31 Maret setelah tutup buku.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan
Divisions: Fakultas Syariah > Perbankan Syariah
Depositing User: Siti Ainurrohmah
Date Deposited: 08 Jun 2023 02:06
Last Modified: 08 Jun 2023 02:06
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1004

Actions (login required)

View Item View Item