Strategi Pemasaran Toko Al-Karomah pada Masa Pandemi Covid-19 ditinjau dari Marketing Syariah di PP. Haji Ya’qub Lirboyo

Nugroho, Abraham Bayu (2021) Strategi Pemasaran Toko Al-Karomah pada Masa Pandemi Covid-19 ditinjau dari Marketing Syariah di PP. Haji Ya’qub Lirboyo. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.

[img] Text
COVER SKRIPSI doc..pdf

Download (124kB)
[img] Text
.KEASLIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img] Text
.PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] Text
.PENGESAHAN SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img] Text
abstrak doc..pdf

Download (202kB)
[img] Text
DAFTAR ISI doc..pdf

Download (115kB)
[img] Text
BAB I doc..pdf

Download (300kB)
[img] Text
BAB II doc..pdf

Download (416kB)
[img] Text
BAB III doc..pdf

Download (277kB)
[img] Text
BAB IV doc..pdf

Download (451kB)
[img] Text
BAB V doc..pdf

Download (196kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA doc..pdf

Download (220kB)

Abstract

Pandemi covid-19 yang saat ini telah melanda indonesia mengakibatkan kelesuan ekonomi diberbagai sektor. Sektor yang terdampak diantaranya adalah sektor dalam dunia usaha. Toko Al-Karomah merupakan salah satu dari sekian banyak toko sembako yang berada di kawasan pondok pesantren Lirboyo lebih tepatnya di pondok unit Haji Ya’qub Lirboyo yang masih tetap melakukan kegiatan usahanya meskipun dalam masa pandemi covid-19 saat ini. Toko Al-Karomah merupakan toko yang menjual berbagai macam kebutuhan santri, toko ini tergolong baru karena berdiri belum lama ini, tetapi sudah bisa dikatakan ramai pembeli. Sehingga muncul suatu dugaan apakah Toko Al-Karomah menggunakan strategi pemasarannya sesuai syariah islam atau tidak. Kerena pada saat pandemi Covid-19 banyak pelaku usaha yang menghalalkan segala cara untuk mempertahankan usahanya demi mendapatkan keuntungan yang banyak. Dari uraian diatas, maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut (1) Bagaimana Strategi Pemasaran yang dilakukan Toko Al-Karomah PP. Haji Ya’qub Lirboyo? (2) Bagaimana Strategi Pemasaran yang dilakukan Toko Al-Karomah PP. Haji Ya’qub Lirboyo di Masa Pandemi Covid-19 ditinjau dari Marketing Syariah? Penelitian ini menggunakan teknik kualitatif deskriptif. Pengecekan keabsahan datanya dengan menggunakan metode Triangulasi yaitu membandingkan penemuan dengan menggunakan berbagai sumber data (al-Qur’an, hadist, buku, jurnal, artikel dan lain sebagainya) dan berbagai metode pengumpulan data (wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi). Adapun untuk pembahasannya dengan mendeskripsikan data-data yang telah diperoleh. Hasil penelitian, yaitu: (1) Strategi pemasaran Toko Al-Karomah PP. Haji Ya’qub Lirboyo yakni menerapkan strategi segmentation, targeting, positioning. Selain itu juga menerapkan strategi bauran pemasaran (Marketing Mix) 4P dan beberapa staregi tambahan lain. (2) Strategi Pemasaran Toko Al-Karomah PP. Haji Ya’qub Lirboyo di Masa Pandemi Covid-19 sudah sesuai dengan marketing syariah, yang dibuktikan dari kesesuaian bauran pemasaran secara syariah, karakteristik seorang marketer syariah dan tidak adanya perilaku yang menyimpang dari norma-norma agama dalam kegiatan pemasarannya meskipun di masa pandemi Covid-19 saat ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 339 Makroekonomi, ekonomi makro dan topik terkait
Divisions: Fakultas Syariah > Perbankan Syariah
Depositing User: Student Abraham Bayu
Date Deposited: 16 Jul 2022 03:29
Last Modified: 16 Jul 2022 03:29
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/367

Actions (login required)

View Item View Item