Pratama, Agus (2024) MOTIVASI PERJUANGAN DALAM PENDIDIKAN: STUDI ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM NOVEL “GURU AINI”. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri.
![]() |
Text
1. Pra Bab.pdf Download (280kB) |
![]() |
Text
2. Bab I.pdf Download (259kB) |
![]() |
Text
3. Bab II.pdf Download (255kB) |
![]() |
Text
4. Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (211kB) |
![]() |
Text
5. Bab IV.pdf Download (202kB) |
![]() |
Text
6. Bab V.pdf Download (98kB) |
![]() |
Text
7. Daftar Pustaka.pdf Download (174kB) |
![]() |
Text
8. Lampiran.pdf Download (805kB) |
Abstract
Pratama, M. Agus. 2024 : Motivasi Perjuangan dalam Pendidikan : Studi Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Novel “Guru Aini”, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri, Dosen Pembimbing Nila Ainu Ningrum, M.Psi., Psikolog. Kata Kunci : Motivasi, Perjuangan, Nilai Pendidikan Islam Novel “Guru Aini” merupakan sebuah novel karya Andrea Hirata yang dirilis tahun 2020. Novel ini menceritakan perjuangan seorang guru dalam mendidik murid yang sangat tabu dengan salah satu mata pelajaran. Fenomena yang ada dalam novel tersebut terbilang ramai terjadi di dunia pendidikan saat ini. Hal ini yang menjadi sorotan penulis tertarik dalam meneliti substansi yang terkandung dalam novel tersebut. Fokus penelitian dalam skripsi ini mengarah pada pertanyaan: Bagaimana motivasi perjuangan dalam pendidikan yang digambarkan dalam novel “Guru Aini”?, Bagaimana Analisis nilai – nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam novel “Guru Aini”. Penelitian ini menggunakan metode kajian Kepustakaan (library research), yang menghimpun dan menganalisis dokumen tertulis, gambar, serta materi elektronik. Setelah data terkumpul, dilakukan analisis, perbandingan, dan sintesis untuk membentuk penjelasan yang komprehensif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi (content analysis), yang menurut Holsti dalam Moleong, adalah teknik untuk menarik kesimpulan dengan menemukan karakteristik pesan secara objektif dan sistematis. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti menunjukan pertama, Guru Desi dan Aini menunjukkan bahwa dengan usaha keras dan kreativitas, pendidikan berkualitas dapat dicapai meskipun dalam kondisi terbatas. Motivasi Guru Desi sesuai dengan teori motivasi intrinsik dalam psikologi pendidikan, yang menyatakan bahwa motivasi dari dalam diri seseorang lebih kuat dan bertahan lama dibandingkan motivasi ekstrinsik.kedua, novel "Guru Aini" menggambarkan perjuangan dalam pendidikan melalui tokoh Desi dan Aini yang menunjukkan rela berkorban, kesabaran, semangat pantang menyerah, serta persatuan dan kerjasama. Nilai-nilai ini memberikan inspirasi dan contoh konkret tentang bagaimana semangat juang dan dedikasi dapat membawa perubahan positif dalam pendidikan, menjadi sumber motivasi bagi pendidik dan pelajar untuk mencapai keberhasilan akademik dan pribadi. Ketiga Novel "Guru Aini" menggambarkan motivasi perjuangan dalam pendidikan yang kaya akan nilai-nilai Islam. Dengan semangat tak pernah padam dan perjuangan gigih, pendidikan menjadi sarana efektif untuk mencapai perubahan positif dalam kehidupan seseorang
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Lulusan 2024-UIT |
Date Deposited: | 19 Jul 2025 03:28 |
Last Modified: | 19 Jul 2025 03:28 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/3186 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |