PENERAPAN TEORI KONSTRUKTIVISME SOSIAL PADA PEMBELAJARAN ANAK DI SD AL-MAHRUSIYAH

Layla Khirawati, Elok (2024) PENERAPAN TEORI KONSTRUKTIVISME SOSIAL PADA PEMBELAJARAN ANAK DI SD AL-MAHRUSIYAH. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri.

[img] Text
SKRIPSI ELOK Cover.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (434kB)
[img] Text
SKRIPSI ELOK Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (246kB)
[img] Text
SKRIPSI ELOK Bab I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (374kB)
[img] Text
SKRIPSI ELOK Bab II.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (456kB)
[img] Text
SKRIPSI ELOK Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (307kB)
[img] Text
SKRIPSI ELOK Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (407kB)
[img] Text
SKRIPSI ELOK Bab V.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (278kB)
[img] Text
SKRIPSI ELOK Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (277kB)
[img] Text
SKRIPSI ELOK Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Teori konstruktivisme sosial menekankan peran penting interaksi sosial dan lingkungan sosial dalam pembentukan pengetahuan. Pembelajaran konstruktivisme sosial dapat dilakukan dengan menerapkan metode pembelajaran yang mencakup kolaborasi, diskusi, dan kerja kelompok sebagai elemen kunci dalam penerapan konstruktivisme sosial. Hasil akhir dari penerapan teori konstruktivisme sosial dalam pembelajaran adalah terbentuknya pemahaman yang mendalam pada peserta didik. Dari uraian diatas maka peneliti memfokuskan masalah penelitian sebagai berikut : 1) Bagaimana penerapan teori konstruktivisme sosial pada pembelajaran anak kelas 6 di SD Al-Mahrusiyah?, 2) Bagaimana evaluasi penerapan teori konstruktivisme sosial pada pembelajaran anak kelas 6 di SD Al-Mahrusiyah? Tujuan penelitian skripsi ini adalah 1) Untuk mengetahui bagaimana penerapan teori konstruktivisme sosial pada pembelajaran anak kelas 6 di SD AlMahrusiyah, 2) Untuk mengetahui bagaimana evaluasi penerapan teori konstruktivisme sosial pada pembelajaran anak kelas 6 di SD Al-Mahrusiyah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan model penelitian kualitatif dengan metode survey. Ide penting dari penelitian lapangan adalah peneliti datang langsung ke lapangan dengan melakukan pengamatan suatu fenomena tentang suatu keadaan yang alamiah. Penelitian ini berusaha menggambarkan fenomena dari aspek kondisi alamiah, secara holistic, dan berusaha menemukan makna. Dalam hal ini peneliti akan mengamati, menggambarkan, dan menjelaskan bagaimana penerapan teori konstruktivisme sosial pada pembelajaran anak di SD Al-Mahrusiyah. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan kesimpulan sebagai berikut : 1) Penerapan teori konstruktivisme pada pembelajaran anak di SD Al-Mahrusiyah dengan menerapkan metode pembelajaran yang menekankan pada keaktifan peserta didik yakni dengan menerapkan metode kolaboratif secara berkelanjutan pada pembelajaran anak kelas 6 SD Al-Mahrusiyah. Proses pembelajaran yang dilakukan mencakup kegiatan kelompok, tanya jawab, diskusi kelas dan evaluasi. 2) Evaluasi penerapan teori konstruktivisme sosial pada pembelajaran anak di SD Al-Mahrusiyah adalah dengan melakukan evaluasi formatif dan sumatif yang dilakukan setiap akhir pelajaran dan akhir semester. Penilaian selama pembelajaran dilakukan oleh guru dengan mengamati secara langsung keaktifan peserta didik saat proses pembelajaran dengan menilai beberapa aspek yakni partisipasi, keterlibatan, kemajuan individu, keterampilan sosial, kualitas hasil, refleksi, dan feedback.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 204 Pengalaman religius, kehidupan dan praktik
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mahasiswa 2023 uit
Date Deposited: 03 May 2025 05:02
Last Modified: 03 May 2025 05:02
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/3012

Actions (login required)

View Item View Item