Pengaruh lingkungan sekolah dan minat belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran pendidikan agama islam multi situs di SMK Negeri 2 Kediri dan SMK PGRI 2 Kediri

Nafisah, Arina Husna (2024) Pengaruh lingkungan sekolah dan minat belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran pendidikan agama islam multi situs di SMK Negeri 2 Kediri dan SMK PGRI 2 Kediri. Masters (S2) thesis, Univeritas Islam Tribakti Lirboyo.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (202kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (251kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (488kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (354kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (713kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (165kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (230kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (3MB)

Abstract

Hasil belajar merupakan penguasaan yang diperoleh siswa setelah proses pembelajaran, yang dipengaruhi oleh faktor internal maupun eksternal. Lingkungan sekolah termasuk faktor eksternal yang berpengaruh terhadap perkembangan kecerdasan anak, sedangkan minat belajar merupakan faktor internal yang turut menentukan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa, (2) pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar siswa, serta (3) pengaruh lingkungan belajar dan minat belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa SMK Negeri 2 Kediri dan SMK PGRI 2 Kediri. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik analisis regresi sederhana dan regresi berganda. Sampel penelitian berjumlah 200 responden, masing-masing 100 siswa dari kelas IX SMK Negeri 2 Kediri dan 100 siswa dari kelas IX SMK PGRI 2 Kediri, dengan populasi 630 siswa di SMK Negeri 2 Kediri dan 430 siswa di SMK PGRI 2 Kediri. Data diperoleh melalui angket, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) lingkungan belajar tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa baik di SMK Negeri 2 Kediri maupun SMK PGRI 2 Kediri, (2) minat belajar juga tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa di kedua sekolah tersebut, dan (3) secara simultan lingkungan belajar dan minat belajar tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam, dengan kontribusi sebesar 23% di SMK Negeri 2 Kediri dan 1% di SMK PGRI 2 Kediri, sementara sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Keguruan > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Arina Husna Nafisah
Date Deposited: 19 Aug 2025 03:25
Last Modified: 19 Aug 2025 03:25
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2956

Actions (login required)

View Item View Item